Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap pelayanan Restoran Cepat Saji Bengkel Burger x Karen's Diner di Jakarta Selatan

Maulana, Rio Luthfi (2023) Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap pelayanan Restoran Cepat Saji Bengkel Burger x Karen's Diner di Jakarta Selatan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover-Dafta Isi)
Cover-Daftar isi (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 7 October 2023.

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 7 October 2023.

Download (826kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Pack.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 7 October 2023.

Download (1MB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-DAPUS Pack.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 7 October 2023.

Download (586kB)
[img] Text (Rio Maulana Luthfi 1913040116 Full Text)
RIO MAULANA LUTHFI 1913040116 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 7 October 2023.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini Dilatar Belakangi oleh bentuk pelayanan di restoran Bengkel Burger x Karen’s Diner di Jakarta Selatan yang mengusung ketidaksopanan dalam pelayanannya. Penerapan pelayanan ini berfokus kepada etika bisnis islam di restoran Bengkel Burger x Karen’s Diner. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimanakah tinjauan etika bisnis islam yang dijalankan oleh restoran cepat saji Bengkel Burger x Karen’s Diner ini? Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam hal ini Pertama, Bagaimana pelayanan yang dijalankan oleh restoran Bengkel Burger x Karen’s Diner? Kedua, Bagaimana tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap pelayanan di Restoran Bengkel Burger x Karen’s Diner ini? Untuk menjawab pertanyaan penelitian, jenis penelitian yang penulis lakukan dengan jenis Field Research yaitu dengan pengambilan data langsung di lapangan. Informan penelitian didapatkan dari pihak restoran dan pengunjung restoran Bengkel Burger x Karen’s Diner dengan pemilihan informan menggunakan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Restoran Cepat Saji Bengkel Burger x Karen’s Diner di Jakarta Selatan melakukan pelayanan terhadap pelanggannya dengan menggunakan konsep interaktif kepada pelanggannya dengan melakukan pendekatan rude service kepada pelanggannya. Hal ini didasari dengan filosofi Karen’s Diner itu yaitu meniru sosok ”Karen” yang dijadikan lelucon bagi orang-orang di Amerika Serikat bahkan media sosial. Masuk kedalam konteks etika bisnis Islam restoran ini belum sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip dasar etika bisnis Islam, terutama pada prinsip kebenaran. Pelanggaran terhadap prinsip ini terlihat dalam pelayanan kasar dan kurang perhatian terhadap kepentingan serta kepuasan pelanggan. Dalam pelayanan di Bengkel Burger x Karen’s Diner, terdapat ketidakselarasan antara bentuk pelayanan mereka dengan nilai-nilai Pelayanan dalam Islam. Dalam Islam, pelayanan kepada pelanggan harus mencerminkan salah satunya nilai Kesopanan dan Keramahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Islam, Pelayanan dalam Islam
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:55
Last Modified: 12 Oct 2023 04:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item View Item