PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, RELIGIUSITAS, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK CUSTOMER SWITCHING BEHAVIOR MENABUNG KE BANK SYARIAH

Rayhan, Muhammad (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, RELIGIUSITAS, DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH UNTUK CUSTOMER SWITCHING BEHAVIOR MENABUNG KE BANK SYARIAH. Skripsi thesis, FALKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover)
Cove, Abstrak, Pengesahan.pdf - Published Version

Download (912kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (157kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Customer Switching Behavior Menabung ke Bank Syariah. Berpindahnya pengguna dari satu layanan jasa ke layanan jasa lainnya sudah biasa terjadi pada masyarakat. Perpindahan pengguna merupakan fenomena yang seringkali terjadi pada berbagai jenis pasar. Beberapa pengguna lebih memilih berpindah ke layanan jasa lain karena kelebihan yang ditawarkan oleh pesaing dan dapat dianggap dapat memenuhi kebutuhannya. Prilaku perpindahan pengguna dalam dunia pemasaran jasa dikenal dengan istilah customer switching behavior. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan teknik purposive Sampling yaitu teknik sampling yang digunakan peneliti jika peneliti mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu dalam pengambilan sampelnya.Analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi Smart Partial Least Square (PLS) version 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS. Hasil kajian dari berdasarkan alat analisis SmartPLS menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan customer switching behavior menabung ke BSI KC Bukittinggi Sudirman 1 dengan nilai t-statistic 5,088 > 1,984 dan P value 0,000 < 0,05. Sedangkan pada Bank Nagari Syariah Bukittinggi kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan customer switching behavior menabung ke Bank Nagari Syariah Bukittinggi dengan nilai t-statistic 1,529 < 1,985 dan P value 0,127 > 0,05. Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan customer switching behavior menabung ke BSI KC Bukittinggi Sudirman 1 dengan nilai t-statistic 2,291 > 1,984 dan P value 0,022 < 0,05 dan pada Bank Nagari Syariah religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan customer switching behavior menabung ke Bank Nagari Syariah Bukittinggi dengan nilai t-statistic 2,224 < 1,985 dan P value 0,027 < 0,05. Kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan customer switching behavior menabung ke BSI KC Bukittinggi Sudirman 1 dengan nilai t-statistic 2,040 > 1,984 dan P value 0,042 < 0,05 dan pada Bank Nagari Syariah kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah melakukan customer switching behavior menabung ke Bank Nagari Syariah Bukittinggi dengan nilai t-statistic 3,818 < 1,985 dan P value 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Religiusitas, Kepuasan Konsumen dan Customer Switching Behavior
Subjects:
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:51
Last Modified: 12 Oct 2023 06:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15603

Actions (login required)

View Item View Item