Dampak Kelompok Tani Dalam Meningkatan Pendapatan Petani Padi Di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar

Mayana, Alvi (2023) Dampak Kelompok Tani Dalam Meningkatan Pendapatan Petani Padi Di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER DAN LAIN-LAIN)
ALVI MAYANA.1916010106.COVER & DLL.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
ALVI MAYANA. 1916010106. BAB 1.pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (BAB III)
ALVI MAYANA. 1916010106. BAB III.pdf - Published Version

Download (760kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
ALVI MAYANA.1916010106.BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (742kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ALVI MAYANA.1916010106.FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Judul “Dampak Kelompok Tani Dalam Meningkatan Pendapatan Petani Padi Di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar, disusun oleh Alvi Mayana, Nim 1916010106 Prodi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Negri Imam Bonjol Padang. Para petani umumnya belum mempunyai pengetahuan yang cukup untuk mengelola usaha tani karena hanya mengandalkan pengetahuan dari warisan orang tua, sehingga hasil pertanian petani tergolong rendah. Oleh karena itu kelompok tani berperan penting dalam meningkatkan kerjasama para petani, tempat berbagi para petani menghadapi masalah pertanian serta mempunyai tujuan yang sama antara para petani dalam meningkatkan perekonomian petani. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pendapatan petani sebelum dan sesudah bergabung dalam kelompok tani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapatan petani sebelum dan sesudah bergabung dengan kelompok tani. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel dalam penelitian adalah menggunakan rumus Slovin sehingga di peroleh sampel sebanyak 91 petani. Metode analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan pendapatan sebelum dan sesudah bergabung dengan kelompok tan dan dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS. Berdasarkan hasil penelitian kelompok tani di Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar terdapat peningkatan pendapatan petani sebelum bergabung dan sesudah bergabung dengan kelompok tani. Terdapat perbedaan signifikan terhadap pendapatan petani sebelum bergabung kelompok tani dan sesudah bergabung dengan kelompok tani. hal ini dibuktikan dengan hasil Zhitung (8.124) > Ztabel (1.538) atau nilai signifikannya (0,000)<(0,05) dengan tingkat kepercayaan 95%. Kata kunci: Kelompok Tani, Petani dan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:59
Last Modified: 29 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item View Item