Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Menaikkan Harga Kebutuhan Pokok pada Saat Permintaan Tinggi di Pasar Raya Padang

Wulandari, Siska (2024) Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Menaikkan Harga Kebutuhan Pokok pada Saat Permintaan Tinggi di Pasar Raya Padang. Skripsi thesis, Fakultas syariah.

[img] Text (COVER)
Cover siska.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I 2.pdf - Published Version

Download (838kB)
[img] Text (BAB lll)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (677kB)
[img] Text (FUL TEKS)
SKRIPSI SISKA FULL TEXT water mark.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Perilaku Menaikkan Harga Kebutuhan Pokok pada Saat Permintaan Tinggi di Pasar Raya Padang”. Skripsi ini ditulis oleh Siska Wulandari, NIM 1913040198, Pada Fakultas Syariah Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi adanya perilaku menaikkan harga kebutuhan pokok pada saat permintaan tinggi. Tujuan penelitian ada dua (1) Menjelaskan secara rinci apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku menaikkan harga kebutuhan pokok pada saat permintaan tinggi di pasar raya padang. (2) Melakukan tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku menaikkan harga kebutuhan pokok pada saat permintaan tinggi di pasar raya padang. Metode penelitian yang digunakan berdasarkan cara mendapatkan data, field research karena di dalam penelitian, peneliti harus terjun dan terlibat secara langsung dengan masyarakat untuk mendapat gambaran yang lebih komprehensif mengenai situasi setempat. Berdasarkan pendekatan yaitu penelitian kualitatif yang bertujuan untuk didasarkan pada asumsi dan juga penyelidikan metode terhadap perilaku menaikkan harga kebutuhan pokok pada saat permintaan tinggi. Berdasarkan sumber data penelitian hukum empiris dengan memperoleh data secara langsung dari pedagang pasar raya padang. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik-teknik wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, skripsi, dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian yaitu faktor menaikkan harga kebutuhan pokok secara drastis tanpa alasan yang kuat dapat dianggap sebagai tindakan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam karena dapat merugikan konsumen yang membutuhkan kebutuhan pokok (sembako) dalam situasi darurat atau krisis. Adapun faktor penyebab terjadinya kenaikan harga yaitu karena pemasokan barang dagangan yang sedikit atau barang tersebut susah didapatkan, serta etika bisnis menaikkan harga kebutuhan pokok saat permintaan tinggi dapat mengakibatkan beban finansial yang berat bagi konsumen terutama yang sedang dalam situasi ekonomi yang sulit. Prinsip yang belum terpenuhi oleh pedagang yaitu prinsip keadilan, dan kemanfaatan umum dalam etika bisnis Islam. Implikasinya penelitian ini tersedianya argumentasi tentang etika bisnis Islam dalam persoalan penetapan harga barang di pasar. Kata Kunci: Harga, Etika Bisnis Islam, Pasar, Kebutuhan Pokok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Harga, Etika Bisnis Islam, Pasar, Kebutuhan Pokok
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:36
Last Modified: 06 Oct 2023 07:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15549

Actions (login required)

View Item View Item