Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Autisme Di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Dalam Perspektif Konseling Islam)

Fefrika, Silvia Ayunda (2023) Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Autisme Di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Dalam Perspektif Konseling Islam). Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER, DLL)
SILVIA AYUNDA FEFRIKA_1912020035_COVER, DLL. pdf.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
SILVIA AYUNDA FEFRIKA_1912020035_BAB I. pdf.pdf - Published Version

Download (709kB)
[img] Text (BAB III)
SILVIA AYUNDA FEFRIKA_1912020035_BAB III. pdf.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
SILVIA AYUNDA FEFRIKA_1912020035_BAB V-DAFTAR PUSTAKA. pdf.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (FULLTEXT)
SILVIA AYUNDA FEFRIKA_1912020035_FULLTEXT. pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dimana secara idealnya orang tua yang memiliki anak autisme mereka ikhlas dan sabar menerimanya, karena itu amanah dari Allah SWT. Namun pada kenyataannya masih terdapat orang tua yang kecewa, menyalahkan diri, merasa gagal dan bahkan tidak ikhlas dengan keadaan dan takdir yang Allah SWT. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti tertarik untuk menelitinya lebih lanjut, dalam bentuk skripsi yang berjudul” “Penerimaan Diri Orang Tua Yang Memiliki Anak Autisme Di Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan (Dalam Perspektif Konseling Islam)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan aspek sifat percaya diri orang tua yang memiliki anak autisme, untuk mengetahui dan mendeskripsikan aspek kesediaan menerima kritikan dari orang lain pada orang tua yang memiliki anak autisme, untuk mengetahui dan mendeskripsikan aspek jujur terhadap diri sendiri pada orang tua yang memiliki anak autisme. Jenis penelitian yang digunakan field research (penelitian lapangan), dengan menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif yaitu berusaha menggambarkan keadaan atau fenomena yang terjadi secara objektif apa adanya. Subjek penelitian adalah orang tua yang memiliki anak autisme di kecamatan IV jurai berjumlah 4 (empat) pasang orang tua, ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu pemilihan subjek didasari atas pertimbangan atau kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara. Teknik analisis data adalah reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan, bahwa: pertama aspek sifat percaya diri, diketahui bahwa sebagian orang tua anak autisme mampu memahami, merawat, dan memenuhi kebutuhan, namun mereka juga khawatir dan ragu dalam mewujudkan masa depan anaknya, serta awalnya mereka merasa gagal jadi orang tua namun mereka selalu optimis dalam menghadapi kehidupan meskipun anaknya seorang autisme. Kedua, aspek kesediaan menerima kritikan dari orang lain, sebagian mereka mampu dan terbuka untuk menerima kritikan dan menjadikannya untuk megintropeksi diri menjadi lebih baik, sedangkan sebagian orang tua yang lainnya masih sedikit untuk mampu menerima dan terbuka atas kritikan yang diberikan oleh orang lain terhadap dirinya yang memiliki anak seorang autisme. Ketiga, aspek jujur terhadap diri sendiri, bahwa mereka menyadari kekurangan dan kelebihan mereka meskipun diawal mereka menyalahkan diri karena kondisi anak mereka yang autisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Diri Orang Tua, Autisme
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:28
Last Modified: 12 Oct 2023 01:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15534

Actions (login required)

View Item View Item