TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTEK MENJUAL HANDPHONE SERVIS YANG TIDAK DIBAYAR PEMILIKNYA TEPAT WAKTU di Kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya

Ali, Akbar (2018) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTEK MENJUAL HANDPHONE SERVIS YANG TIDAK DIBAYAR PEMILIKNYA TEPAT WAKTU di Kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

This is the latest version of this item.

[img] Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEORISINALAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
4. PERSETUJUAN PEMIMBING.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
14. BIODATA PENULIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] Text
25. PETA NAGARI AMPALU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img] Text
24. GAMBAR STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN NAGARI AMPALU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] Text
26. DAFTAR SERVIS HANDPHONE PADA KONTER NAGARI AMPALU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
Executive Summary.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktek Menjual Handphone Servis yang Tidak Dibayar Pemiliknya Tepat Waktu di Kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya ditulis oleh Mairizet Irwan, NIM: 1313030507. Penulisan skripsi ini, dilatarbelakangi fenomena yang terjadi di kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak terdapat counter HP yang juga menyediakan jasa servis HP yang kemudian menjual HP yang telah diservisnya karena tidak dibayar oleh pemilik HP. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui kajian Fikih muamalah kepemilikan handphone servis yang tidak dibayar tepat waktu oleh pemiliknya di Kenagarian Ampalu (2) Untuk mengetahui kajian Fikih muamalah jual beli handphone servis yang tidak dibayar pemiliknya tepat waktu di Kenagarian Ampalu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research (Penelitian Lapangan) yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara mendeskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah pemilik conter HP di Kangarian Ampalu sebanyak 4 orang. Alat pengumulan data adalah observasi dan wawancara. Metode mengambil kesimpulan menggunakan metode deduktif, induktif dan komperatif. Tinjauan Fikih muamalah terhadap prakek menjual handpone yang tidak dibayar pemiliknya tepat waktu di Kanagarian Ampalu disimpulkan bahwa (1) Kepemilikan handpohne servis yang tidak dibayar pemiliknya tepat waktu adalah tidak beralih kepada teknisi yang menservis Handphone tersebut. Pemilik counter yang menservis HP tidak boleh mengambil atau menganggap Handphone servis yang tidak dibayar konsumen tepat waktu sebagai miliknya, karena kelalaian konsumen (pemilik handphone) dalam membayar upah servis merupakan kelalaiannya dalam menepati janji atau memenuhi akad ijarah yang telah disepakati dengan pemilik counter. Kelalaian itu tidak mengakibatkan perpindahan hak milik handphone tersebut tetapi menyebabkan pemilik handphone berhutang karena tidak memenuhi kewajibannya. (2) Jual beli handphone servis yang tidak dibayar konsumen tepat waktu adalah jual beli yang tidak sah, karena syarat milik pihak yang berakad terhadap barang yang diperjualkan tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Users 22 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2018 01:36
Last Modified: 05 Oct 2018 01:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1553

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item