Komunikasi Interpersonal Barista Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Barista Mamanda Coffee Solok)

Bintang, Wildan Yusro (2023) Komunikasi Interpersonal Barista Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif pada Barista Mamanda Coffee Solok). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi-Wildan Yusro Bintang-1912010067.docx.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I-Wildan Yusro Bintang-1912010067.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-Wildan Yusro Bintang-1912010067.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (BAB V-Dapus)
BAB V & Dapus-Wildan Yusro Bintang-1912010067.pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text
Full Text-Wildan Yusro Bintang-1912010067.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh proses komunikasi Barista dan pelanggan di Mamanda Coffee Solok dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana proses dan pola komunikasi interpersonal antara Barista dengan pelanggan, serta apa saja yang menghambat proses komunikasi interpersonal antara Barista dengan pelanggan di Mamanda Coffee. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah semua Barista di Mamanda Coffee Solok dan tujuh orang pelanggan Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Proses Komunikasi antara Barista dan pelanggan berlangsung dalam enam tahap yaitu adanya keinginan berkomunikasi, encoding oleh komunikator, pengirim pesan, penerimaan pesan, decoding oleh komunikan dan umpan balik (Feedback). Kedua, penggunaan bahasa verbal Barista dalam berkomunikasi dengan pelanggan dengan menggunakan lisan dan tulisan, sedangkan penggunaan bahasa non verbal Barista menggunakan ekspresi wajah, bahasa isyarat dan lambang-lambang atau simbol-simbol sebagai pelantara pesan yang disampaikan oleh Barista kepada pelanggan. Selain menggunakan bahasa verbal dan non verbal, pola komunikasi interpersonal antara Barista dengan pelanggan adalah termasuk ke dalam pola komunikasi interaktif dimana interaksi dimulai dengan greeting atau penyambutan dari Barista hingga proses pengantaran pesanan. Semua proses komunikasi yang dilakukan Barista berdasarkan standar pelayanan. Ketiga, Hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi antara Barista dan pelanggan adalah hambatan psikologis yang emosional pelanggan di Mamanda Coffee belum begitu stabil, kemudian hambatan dalam bentuk media yaitu terkendala jaringan ketika berkomunikasi menggunakan Media Sosial Intagram dan WhatsApp.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, barista, coffeeshop
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:44
Last Modified: 11 Oct 2023 03:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15504

Actions (login required)

View Item View Item