Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 4 Koto XI Tarusan

Isetri, Iset (2018) Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 4 Koto XI Tarusan. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (1 Cover, Pengesahan Pembimbing & Abstrak)
1 Cover, Pengesahan Pembimbing & Abstrak.pdf - Published Version

Download (410kB) | Preview
[img] Text (3 Daftar Pustaka)
3 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img]
Preview
Text (2 Bab I, II, III, IV & V)
2 Bab I, II, III, IV & V.pdf - Published Version

Download (794kB) | Preview
[img] Text (Full Gabungan Keseluruhan)
Full Gabungan Keseluruhan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Isetri, BP. 131403782, “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMPN 4 Koto XI Tarusan.”. Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa peserta didik masih melanggar tata tertib sekolah, sering tidak membuat tugas, tidak mau merapikan kembali kursi dan meja setelah melakukan aktivitas, saat proses belajar mengajar berlangsung peserta didik sering keluar masuk kelas sehingga peserta didik tersebut ketinggalan pelajaran dari teman-temannya yang lain, tidak mau mengikuti upacara bendera serta tidak mau melaksanakan piket sekolah, tidak mau meminta maaf apabila ada membuat kesalahan, hal ini menandakan bahwa peserta didik kurang bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya sebagai seorang peserta didik, sehingga masalah ini menarik untuk diteliti. Guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan untuk membentuk karakter tanggung jawan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMPN 4 Koto XI Tarusan. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka batasan masalah dalam penelitian ini adalah 1) pembentukan karakter tanggung jawab personal peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling di SMPN 4 Koto XI Tarusan, 2) pembentukan karakter tanggung jawab moral peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling di SMPN 4 Koto XI Tarusan, 3) pembentukan karakter tanggung jawab sosial peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling di SMPN 4 Koto XI Tarusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter tanggung jawab personal peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling, pembentukan karakter tanggung jawab moral peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling dan pembentukan karakter tanggung jawab sosial peserta didik oleh guru bimbingan dan konseling di SMPN 4 Koto XI Tarusan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data yaitu kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, dan wawancara. Dalam penelitian ini penulis melakukan wawancara dengan guru bimbingan dan konseling, kepala sekolah dan beberapa orang peserta didik serta dilengkapi dengan observasi. Melalui penelitian ini ditemukan: untuk membentuk karakter tanggung jawab peserta didik, guru bimbingan dan konseling membentuk karakter tanggung jawab personal, tanggung jawab moral dan tanggung jawab sosial pada peserta didik melalui layanan informasi. Defenisi Operasional Untuk menghindari kesalahan dalam menafsirkan penelitian ini, maka perlu dijelaskan hal-hal berikut: 1. Pembentukan Pembentukan yaitu suatu proses, cara, perbuatan membentuk. Atau suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang yang bertujuan untuk membantu orang agar dapat membetulkan dan mengembangkan pengetahuan dan kecakapan yang sudah ada serta mendapatkan pengetahuan dan kecakapan yang baru untuk mencapai tujuan hidup dan kerja yang sedang dijalani seara lebih efektif. 2. Karakter Tanggung Jawab Menurut kamus besar bahasa indonesia, istilah karakter berarti sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain, tabiat, watak. Karakter dapat didefenisikan sebagai kecenderungan tingkah laku yang konsisten secara lahiriah dan batiniah. Karakter adalah hasil kegiatan yang sangat mendalam dan kekal yang nantinya akan membawa ke arah pertumbuhan sosial. Menurut Muhammad Yaumi, karakter adalah moralitas, kebenaran, kebaikan, kekuatan, dan sikap seseorang yang ditunjukkan kepada orang lain melalui tindakan. Karakter merupakan watak, sifat, akhlak ataupun kepribadian yang membedakan seseorang individu dengan dengan individu lainnya. Atau karakter dapat dikatakan juga sebagai keadaan yang sebenarnya dari dalam diri seorang individu, yang membedakan antara dirinya dengan orang lain. Karakter tanggung jawab adalah sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa. 3. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pembentukan karakter tanggung jawab adalah proses belajar dan mengembangkan pengetahuan dan kecakapan yang baru dengan menerapkan nilai-nilai kebaikan sehingga terwujud dalam tindakan yang nyata atau perilaku sehari-hari yang menjadi ciri khas individu dan dapat membedakan dirinya dengan individu-individu lainnya. Yang penulis maksud disini adalah suatu bentuk penanaman nilai-nilai karakter tanggung jawab kepada peserta didik di sekolah agar ia memiliki pengetahuan tentang potensi dirinya yang ditandai dengan sikap yang ia tunjukan sehari-hari 4. Guru BK Guru bimbingan konseling adalah seorang guru yang bertugas memberikan bantuan psikologis dan kemanusiaan secara ilmiah dan profesional sehingga seorang guru bimbingan konseling harus berusaha menciptakan komunikasi yang baik dengan murid dalam menghadapi masalah dan tantangan hidup. Guru BK yang penulis maksud disini adalah Konselor Sekolah yang bertugas untuk membantu peserta didik dalam mencapai tugas perkembangannya agar matang baik secara pribadi, belajar, sosial, maupun karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Users 27 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2018 01:52
Last Modified: 14 Nov 2018 01:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1550

Actions (login required)

View Item View Item