Komunikasi Interpersonal Anak Putus Sekolah di Desa Matua, Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman

Ika Hariyani, Delvia Indah (2023) Komunikasi Interpersonal Anak Putus Sekolah di Desa Matua, Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER, ABSTRAK, PENGESAHAN)
COVER INDAH_merged.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Tekt (BAB I).pdf - Published Version

Download (648kB)
[img] Text (BAB III)
Tekt (Bab III).pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (BAB V)
Tekt (BAB V).pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
Tekt (BAB V)_merged.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Tekt (FULL TEKT)_merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Komunikasi Interpersonal Anak Putus Sekolah di Desa Matua, Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. Disusun oleh Delvia Indah Ika Hariyani NIM 1912010080, Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, tahun 2023, 85 halaman. Komunikasi Interpersonal sangat menentukan terhadap perubahan sikap, perilaku maupun tindakan seseorang termasuk komunikasi antarpersonal yang terjadi pada anak putus sekolah ketika berkomunikasi maupun ketika seseorang memberikan informasi, membujuk, mempengaruh, bertukar ide dan pengalaman. Pertukaran pengalaman merupakan komunikasi antarpersonal untuk lebih mendekatkan peserta, saling mengerti dan saling melengkapi, sehingga peneliti merasa menarik dan penting untuk mendalami “Bagaimana Komunikasi Interpersonal Anak Putus Sekolah Desa Matua, Nagari Sikucua Timur, Kecamatan V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman?”. Batasan masalah penelitian ini adalah; a. Komunikasi anak putus sekolah dengan keluarga inti; b. Komunikasi anak putus sekolah dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penetapan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purpossive sampling yaitu penentuan informan dengan menggunakan kriteria tertentu, yaitu: anak dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, anak-anak (berusia 7-13 tahun), anak putus sekolah dan orang tua di lokasi penelitian, anak putus sekolah yang bekerja atau tidak bekerja. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh sebanyak 8 orang informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a. Komunikasi interpersonal anak putus sekolah dengan keluarga inti adalah anak dan orang tua memiliki komunikasi yang baik untuk bisa menumbuhkan bahasa verbal dan nonverbal yang baik. b. Komunikasi interpersonal anak putus sekolah dengan lingkungan Masyarakat adalah mampunya anak menerapkan bahasa yang baik dari keluarga ketika berada di lingkungan sekitar tempat bermainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Komunikasi Interpersonal, Anak Putus Sekolah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:17
Last Modified: 11 Oct 2023 02:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15489

Actions (login required)

View Item View Item