Manajemen Lembaga Amal Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang

Nopalion, Nopalion (2023) Manajemen Lembaga Amal Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang. Skripsi thesis, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (Cover, pernyataan keorisinilan, persetujuan pembimbing, lembar pengesahan, abstrak, kata pengantar, daftar isi)
cover.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text (Bab 1)
1.pdf - Published Version

Download (380kB)
[img] Text (Bab 3)
3.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text (Bab 5)
5.pdf - Published Version

Download (298kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Manajemen Lembaga Amal Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang”. Ditulis oleh Nopalion, Nim. 1912030076 Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, tahun 2023; jumlah halaman 110. Penelitian ini dilatar belakangi oleh manajemen Lembaga Amal dan Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang yang belum sepenuhnya sesuai teori yang ada, mulai dari perencanaan yang belum melibatkan seluruh elemen, pengorganisasian yang masih tumpang tindih, penggerakan yang hanya di lakukan oleh ketua lembaga serta pengawasan yang belum maksimal ditahap evaluasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian,penggerakan dan pengawasan yang di lakukan di Lembaga Amal dan Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data, yaitu: ketua, sekretaris, bendahara, ketua bidang pendidkan dan ketua bidang dakwah. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, Penerapan perencanaan Lembaga Amal Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang sudah terlihat dari Penyusunan program kerja telah dilakukan secara detail melalui proses musyawarah oleh seluruh pengurus setiap awal tahunnya. kedua, Lembaga Amal dan Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang ini telah melakukan pengelompokkan tugas dan membuat rincian dari masing-masing tugas tersebut. Setelah itu dalam pengelompokkan tugas dan pembagian tugas disesuaikan dengan bidangnya namun tidak tertutup pengurus lain bisa mengerjakan pekerjaan yang lain dan sudah sesuai keahlian yang dimiliki. ketiga, Lembaga Amal dan Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang ini telah memberikan motivasi agar mau bekerja denga ikhlas, motivasi tersebut seperti memberikan penghargaan, sertifikat, dan pelatihan-pelatihan. Ketua lembaga selalu memberikan motivasi dan dorongan kepada pengurus melalui motivasi dan contoh dari diri sendiri, serta memberikan bimbingan atau pengarahan kepada pengurus tentang pelaksanaan seperti bendahara membuat laporan keuangan satu kali dalam tiga bulan. Sehingga tugas atau kegiatan dapat terlaksana dengan baik. Keempat, Penerapan pengawasan Lembaga Amal dan Dakwah Rumah Muallaf Indonesia Padang telah lakukan dari awal berjalannya periode kegiatan lembaga, selanjutnya seiring berjalannya kegiatan di lembaga maka dilakukan dengan cara pengukuran standar kegiatan dan pengawasan langsung dan tidak langsung, melakukan koreksi dan perbaikan untuk kelanjutan kegiatan lembaga kedepannya oleh ketua lembaga melalui rapat-rapat koordinasi. Perlu di lakukan penyusunan perencanaan dengan melibatkan para muallaf, pengorganisasian yang lebih fokus kepada pengurus yang tidak banyak kesibukan lain, penggerakan oleh seluruh pengurus dan perbaikan yang langsung di laksanakan ketika adanya kesalahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, lembaga, dakwah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:50
Last Modified: 06 Oct 2023 03:50
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15486

Actions (login required)

View Item View Item