Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 1 Gunung Toar Kecamatan Gunung Toar

Candra, Alfa Rizi (2023) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 1 Gunung Toar Kecamatan Gunung Toar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (bab 1)
BAB I WATERMARK.pdf - Published Version

Download (330kB)
[img] Text (skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Bab III)
BAB III WATERMARK.pdf - Published Version

Download (494kB)
[img] Text (Bab V dan Dapus)
BAB V WATERMARK dan dapus.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (Cover, Pengesahan dll)
cover, pengesahan dll.pdf - Published Version

Download (497kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa SMAN 1 Gunung Toar Kecamatan Gunung Toar” disusun oleh Alfa Rizi Candra, Nim 1915040133, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang masalah penelitian ini adalah melihat tingkat kecerdasan emosional berdasarkan pola asuh orang tua. Semakin baik pola asuh yang diberikan orang tua terhadap siswa, maka semakin baik kecerdasan emosional anak atau siswa di sekolah tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa adanya perilaku yang kurang baik seperti, berkata kasar, saling mengejek, sehingga terjadinya pertengkaranan, berkata kasar, ucapan-ucapan kasar yang diucapkan oleh sesama siswa merupakan indikasi yang menunjukkan bahwa siswa tersebut memiliki kecerdasan emosional yang rendah, yang mana hal tersebut terjadi karena siswa tidak mampu membedakan atau memahami perilaku yang harus atau tidaknya untuk dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi liner berganda. Populasi berjumlah 120 dengan jumlah sampel 92 siswa SMAN 1 Gunung Toar. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan cara random sampling dengan memakai Rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Skala Likert. Penelitian ini menggunakan dua skala sebagai alat ukur yaitu skala pola asuh, orang tua dan skala kecerdasan emosional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis pola asuh yang paling banyak diterapkan oleh orang tua di SMAN 1 Gunung Toar pola asuh demokratis yaitu sebanyak 54 responden dengan persentase 59%. Tingkat kecerdasan emosional siswa di SMAN 1 Gunung Toar tergolong rendah yaitu sebanyak 56 subjek dengan persentase 61%. Pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa SMAN 1 Gunung Toar secara keseluruhan (stimultan) yakni dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 2,782 dengan Ftabel 2,70, maka nilai F hitung > F tabel (2,782>270) dan nilai signifikansi 0,04 (p<0,05). Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosional, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua, Kecerdasan Emosional, Siswa
Subjects: Psicology Teology Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:07
Last Modified: 02 Feb 2024 02:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item