Hubungan Tipe Kepribadiaan Agreeableness dengan Forgiveness Pada Mahasiswa Minang di Prodi Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang

Rahmadani, Nasvi Dinda (2023) Hubungan Tipe Kepribadiaan Agreeableness dengan Forgiveness Pada Mahasiswa Minang di Prodi Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
Dinda Nasvi Rahmadani-1915040149-PI-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
Dinda Nasvi Rahmadani-1915040149-PI-BAB I.pdf - Published Version

Download (445kB)
[img] Text (BAB III)
Dinda Nasvi Rahmadani-1915040149-PI-BAB III.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Dinda Nasvi Rahmadani-1915040149-PI-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (243kB)
[img] Text (Full text)
Dinda Nasvi Rahmadani-1915040149-PI-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan mahasiswa dalam interaksi sosial, sehingga menimbulkan konflik pada hubungan interpersonal. Hal ini juga dialami oleh mahasiswa Minang. Mahasiswa membutuhkan forgiveness untuk menghadapi permasalahan dalam menjalin interaksi sosial. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa mampu untuk memaafkan karena terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap forgiveness, yaitu salah satunya kepribadiaan agreeableness. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian agreeableness dengan forgiveness pada mahasiswa Minang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 110 dengan jumlah sampel 86 mahasiswa Minang Psikologi Islam UIN Imam Bonjol Padang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan dengan cara purposive sampling dengan memakai rumus slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala agreeableness dan skala forgiveness. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat agreeableness mahasiswa Minang berada pada kategori sedang dengan persentase 56% dan forgiveness juga berada pada kategori sedang dengan persentase 66%. Hasil uji hipotesis pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan positif antara agreeableness dengan forgiveness pada mahasiswa Minang Psikologi Islam di UIN Imam Bonjol Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan hipotesis yang diterima mengartikan bahwa semakin tinggi agreeableness maka semakin tinggi pula forgiveness mahasiswa Minang tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Agreeableness, Forgiveness, Mahasiswa Minang
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:59
Last Modified: 01 Feb 2024 08:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15420

Actions (login required)

View Item View Item