Estimasi Model Terbaik pada Data Curah Hujan dengan Model ARIMA (Studi Kasus: Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman)

Nur, Rizki Amalia (2023) Estimasi Model Terbaik pada Data Curah Hujan dengan Model ARIMA (Studi Kasus: Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan, Pengesahan, Daftar Isi)
COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
RIZKI AMALIA NUR, NIM 1917010003. BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB III)
RIZKI AMALIA NUR, NIM 1917010003. BAB III.pdf - Published Version

Download (81kB)
[img] Text (BAB V, Daftar Pustaka)
RIZKI AMALIA NUR, NIM 1917010003. BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (Full Text)
RIZKI AMALIA NUR, NIM 1917010003. FULL TEXT.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Perubahan iklim merupakan fenomena yang terjadi secara umum, namun dampak dari perubahan iklim tersebut tidak dirasakan pada setiap tempat secara bersamaan. Salah satu indikator iklim yang berdampak adalah curah hujan. Naik dan turunnya curah hujan di suatu daerah mempengaruhi kelangsungan aktivitas manusia. Salah satu daerah yang mengalami naik atau turunnya curah hujan adalah di Kabupaten Padang Pariaman. Informasi tentang curah hujan menajadi hal yang penting bagi sebagian pihak, seperti orang-orang yang bekerja di bidang transportasi. Curah hujan mempengaruhi pendaratan dan lepas landas pesawat. Curah hujan yang tinggi tidak hanya menyebabkan penundaan terhadap penerbangan, tetapi pesawat juga terpaksa melakukan pendaratan darurat. Data curah hujan merupakan data time series. Untuk itu perlu dilakukan penelitian terhadap kondisi curah hujan melalui sebuah pemodelan dengan menggunakan ARIMA untuk meramalkan beberapa periode. Penelitian ini adalah menentukan model terbaik pada data curah hujan menggunakan model ARIMA. Data curah hujan yang digunakan adalah data bulanan pada Januari 2017 hingga Juni 2022. Hasil analisis data diperoleh model ARIMA(3,1,0) adalah model terbaik. Model ini didapat dengan melihat nilai AIC dan MAPE terkecil. Pada penelitian ini diperoleh nilai AIC sebesar 860,28 dan nilai MAPE sebesar 33,49%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : ARIMA, Time series, Curah hujan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Prodi Matematika
Depositing User: Ruang Baca FST
Date Deposited: 12 Oct 2023 00:29
Last Modified: 12 Oct 2023 00:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15395

Actions (login required)

View Item View Item