Fauzul, zul and Ogi, Ojik (2018) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTEK MENJUAL HANDPHONE SERVIS YANG TIDAK DIBAYAR PEMILIKNYA TEPAT WAKTU di Kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.
There is a more recent version of this item available. |
|
Text
1. COVER.pdf - Published Version Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf - Published Version Download (111kB) | Preview |
|
Text
9. BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
10. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
11. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
13. DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
Text
3. HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (396kB) |
||
Text
2. PERNYATAAN KEORISINALAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (443kB) |
||
Text
4. PERSETUJUAN PEMIMBING.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
Text
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
Text
8. DAFTAR ISI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
||
Text
14. BIODATA PENULIS.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
Text
25. PETA NAGARI AMPALU.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (763kB) |
||
Text
24. GAMBAR STRUKTUR ORGANISASI PEMERINTAHAN NAGARI AMPALU.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (553kB) |
||
Text
26. DAFTAR SERVIS HANDPHONE PADA KONTER NAGARI AMPALU.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
Text
Executive Summary.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktek Menjual Handphone Servis yang Tidak Dibayar Pemiliknya Tepat Waktu di Kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya ditulis oleh Mairizet Irwan, NIM: 1313030507. Penulisan skripsi ini, dilatarbelakangi fenomena yang terjadi di kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak terdapat counter HP yang juga menyediakan jasa servis HP yang kemudian menjual HP yang telah diservisnya karena tidak dibayar oleh pemilik HP. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui kajian Fikih muamalah kepemilikan handphone servis yang tidak dibayar tepat waktu oleh pemiliknya di Kenagarian Ampalu (2) Untuk mengetahui kajian Fikih muamalah jual beli handphone servis yang tidak dibayar pemiliknya tepat waktu di Kenagarian Ampalu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian field research (Penelitian Lapangan) yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara mendeskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah. Sumber data dalam penelitian ini adalah pemilik conter HP di Kangarian Ampalu sebanyak 4 orang. Alat pengumulan data adalah observasi dan wawancara. Metode mengambil kesimpulan menggunakan metode deduktif, induktif dan komperatif. Tinjauan Fikih muamalah terhadap prakek menjual handpone yang tidak dibayar pemiliknya tepat waktu di Kanagarian Ampalu disimpulkan bahwa (1) Kepemilikan handpohne servis yang tidak dibayar pemiliknya tepat waktu adalah tidak beralih kepada teknisi yang menservis Handphone tersebut. Pemilik counter yang menservis HP tidak boleh mengambil atau menganggap Handphone servis yang tidak dibayar konsumen tepat waktu sebagai miliknya, karena kelalaian konsumen (pemilik handphone) dalam membayar upah servis merupakan kelalaiannya dalam menepati janji atau memenuhi akad ijarah yang telah disepakati dengan pemilik counter. Kelalaian itu tidak mengakibatkan perpindahan hak milik handphone tersebut tetapi menyebabkan pemilik handphone berhutang karena tidak memenuhi kewajibannya. (2) Jual beli handphone servis yang tidak dibayar konsumen tepat waktu adalah jual beli yang tidak sah, karena syarat milik pihak yang berakad terhadap barang yang diperjualkan tidak terpenuhi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > KZ Law of Nations |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Users 22 not found. |
Date Deposited: | 05 Oct 2018 03:24 |
Last Modified: | 05 Oct 2018 03:24 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1534 |
Available Versions of this Item
- TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTEK MENJUAL HANDPHONE SERVIS YANG TIDAK DIBAYAR PEMILIKNYA TEPAT WAKTU di Kenagarian Ampalu Kecamatan Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. (deposited 05 Oct 2018 03:24) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |