Efektivitas Perda Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana Dalam Pelaksanaan Rehabilitasi di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat.

Zulhamdi, Zulhamdi (2023) Efektivitas Perda Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana Dalam Pelaksanaan Rehabilitasi di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (392kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (284kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXS.pdf - Updated Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Efektivitas Perda Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana Dalam Pelaksanaan Rehabilitasi di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat”. Ditulis oleh Zulhamdi Nim 1913030113 Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh bencana gempa bumi yang terjadi pada tanggal 25 Februari 2022 di Nagari Kajai, yang mengakibatkan banyaknya korban jiwa hingga hancurnya harta benda yang dimiliki oleh masyarakat Nagari Kajai. Nagari Kajai merupakan wilayah hukum Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana. Masalah dalam penelitian ini yaitu Pertama, apa akibat bencana gempa bumi di Nagari Kajai. Kedua, bagaimana pelaksanaan Pasal 37 Ayat (2) Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana. Ketiga, apa kendala pelaksanaan Pasal 37 Ayat (2) Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan masyarakat, perangkat nagari Kenagarian Kajai, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) Pasaman Barat dan observasi di Kenagarian Kajai. Data sekunder diperoleh dari peraturan, jurnal, artikel, buku-buku, dan penelitian ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Pertama, dampak dari peristiwa bencana gempa bumi di Kenagarian Kajai menimbulkan korban 15 jiwa 4 (empat) diantaranya meninggal dunia, menghancurkan 21 unit sarana pedidikan, 5 unit sarana kesehatan, 26 unit sarana ibadah dan 1.215 unit rumah masyarakat. Kedua, pelaksanaan Pasal 37 Ayat (2) Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana sudah dilaksanakan meskipun belum efektif karena masih belum terlaksana secara maksimal. Ketiga, masalah pendataan dan belum adanya anggaran biaya merupakan faktor utama penyebab terjadinya kendala dalam pelaksanaan Pasal 37 Ayat (2) Peraturan Daerah Kabupaten Pasaman Barat Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penanggulangan Bencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Daerah, Penanggulangan Bencana, Dampak Bencana Gempa Bumi
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:09
Last Modified: 05 Oct 2023 08:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15310

Actions (login required)

View Item View Item