Melati, Finta Riski (2023) Model Blended Learning Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V di SDN 19 Pasar Lama Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Other thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (Cover dll)
cover dll.pdf - Published Version Download (240kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (252kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (268kB) |
|
Text (BAB V dll)
BAB V.pdf - Published Version Download (88kB) |
|
Text (Full text)
finta repositori 2023.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (990kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Siswa Kelas V di SDN 19 Pasar Lama Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan memiliki keterampilan komunikasi yang rendah, Proses pembelajaran masih menerapkan pembelajaran yang klasikal (teacher centered), Perlu dilakukan analisis pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik, Guru masih sering menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan metode yang berbasis active learning, Belum menggunakan Model Blended learning dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa: Pertama, keterampilan komunikasi siswa kelas experiment. Kedua, keterampilan komunikasi siswa kelas control. Ketiga, penerapan Model Blended learning dapat meningkatkan keterampilan komunikasi Siswa Kelas V di SDN 19 Pasar Lama Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V di SDN 19 Pasar Lama Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 56 orang yang terbagi kepada kedua kelas Va dan V b. Penentuan sampel kelas eksperimen dan kontrol dipilih dengan teknik undian. Instrumen penelitian ini adalah angket diolah secara manual memakai microsof excel Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Pertama, dari 21 item pernyataan ratarata angket pernyataan positif keterampilan komunikasi lisan kelas eksperimen adalah 79,16%. Rata-rata angket pernyataan negatif keterampilan komunikasi lisan kelas eksperimen adalah 80,55%. Rata-rata persentase keterampilan komunikasi lisan kelas eksperimen secara keseluruhan berada di 79.76%. Persentase rata-rata item pernyataan positif keterampilan komunikasi tulisan kelas eksperimen adalah 77,67%. Rata-rata angket pernyataan negatif keterampilan komunikasi tulisan kelas eksperimen adalah 80,35%. Rata persentase keterampilan komunikasi tulisan kelas eksperimen berada di 78.27%. Kedua, Dari 21 item pernyataan rata-rata pernyataan positif keterampilan komunikasi lisan kelas kontrol 75,54%. Rata-rata angket pernyataan negatif keterampilan komunikasi lisan kelas kontrol 71,22%. Rata-rata persentase keterampilan komunikasi lisan kelas kontrol secara keseluruhan berada di 73.56%. Dari 9 item pernyataan angket keterampilan komunikasi tulisan kelas kontrol Rata-rata angket pernyataan positif keterampilan komunikasi tulisan kelas kontrol adalah 69,64%. Rata-rata angket pernyataan negatif keterampilan komunikasi tulisan kelas kontrol adalah 69,64%. Rata persentase keterampilan komunikasi tulisan kelas eksperimen secara keseluruhan berada di 69.64%. Terdapat selisih perbedaan di kedua kelas ini yaitu sebesar 6,2 % keterampilan komunikasi lisan siswa di kelas eksperimen dan 8,63%. keterampilan komuinikasi tulisan, Artinya penerapan model blended learning terhadap keterampilan komunikasi tulisan kelas eksperimen jauh lebih baik dari kelas kontrol yang tidak memakai model blended learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sangsi adat, sejarah, lintau buo. |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 01:24 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 01:24 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15283 |
Actions (login required)
View Item |