Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Kepercayaan Muzakki Menyalurkan Zakat Melalui BAZNAS Kabupaten Solok Selatan

Azizah, Rahmi nur (2023) Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Terhadap Kepercayaan Muzakki Menyalurkan Zakat Melalui BAZNAS Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (438kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (423kB)
[img] Text (Bab 5)
Bab 5.pdf - Published Version

Download (374kB)
[img] Text (Skripsi Rahmi nur azizah fulltext)
Skripsi Rahmi nur azizah Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Zakat Terhadap Kepercayaan Muzakki Menyalurkan Zakat Melalui BAZNAS Kabupaten Solok Selatan”. Disusun oleh Rahmi Nur Azizah NIM 1912030035 Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum maksimalnya pendayagunaan zakat yang disebabkan oleh minimnya muzakki yang mau menyalurkan zakat melalui lembaga zakat serta pentingnya peran transparansi dan akuntabilitas dalam mempengaruhi muzakki dalam membayar zakat melalui lembaga zakat yaitu BAZNAS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris seberapa jauh pengaruh transparansi dan akuntabilitas dalam mempengaruhi kepercayan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui BAZNAS Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuesioner dengan pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, yakni pengambilan sampel dari populasi secara acak tanpa memperhatikan aspek khusus dalam populasi tersebut. Jumlah sampel yang diolah berdasarkan hasil deskriptif berjumlah 98 muzakki dan tidak ada data yang dinyatakan hilang (Missing). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t dan uji F. berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial yang ditunjukkan melalui hasil uji t dengan thitung untuk variabel transparansi sebesar 4,277 dan variabel akuntabilitas sebesar 2,872. Sedangkan hasil pengujian secara simultan melalui uji F dengan Fhitung 39,492. Melalui hasil uji t dan uji F membuktikan bahwa secara parsial dan simultan, transparansi dan akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan muzakki dalam menyalurkan zakat melalui BAZNAS Kabupaten Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Transparansi,akuntabilitas,Kepercayaan,Muzakki,BAZNAS
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General) > Manajemen
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:18
Last Modified: 06 Oct 2023 07:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15281

Actions (login required)

View Item View Item