Tinjauan Sadd Al-Dzari'ah Terhadap Praktik Sewa Menyewa Ayam Bangkok (Studi Kasus Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh)

Oktavianti, Amelya (2023) Tinjauan Sadd Al-Dzari'ah Terhadap Praktik Sewa Menyewa Ayam Bangkok (Studi Kasus Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh). Skripsi thesis, Fakultas Syariah.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi..pdf - Published Version

Download (711kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (297kB)
[img] Text (BAB V, Daftar Pustaka)
BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI Amelya Oktavianti)
AMELYA OKTAVIANTI FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “TINJAUAN SADD AL-DZARI’AH TERHADAP PRAKTIK SEWA MENYEWA AYAM BANGKOK (STUDI KASUS KELURAHAN BULAKAN BALAI KANDI KECAMATAN PAYAKUMBUH BARAT KOTA PAYAKUMBUH)”. Disusun oleh Amelya Oktavianti, NIM 1813040039, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah, UIN Imam Bonjol Padang. Penulisan skripsi dilatarbelakangi berdasarkan praktik tentang sewa-menyewa ayam bangkok di Kelurahan Bulakan Balai Kandi yang ditinjau berdasarkan sadd al-dzari’ah. Adapun pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana praktik sewa menyewa ayam bangkok di Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh?(2) Bagaimana tinjauan sadd al-dzari’ah terhadap praktik sewa menyewa ayam bangkok di Kelurahan Bulakan Balai Kandi Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian field research. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari informan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari dokumen, buku-buku dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis deskriptif. Penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: pertama, Di Kelurahan Bulakan Balai Kandi, terdapat praktik sewa menyewa ayam bangkok dengan akad lisan dan pembayaran meliputi uang dan anakan ayam yang telah disepakati di awal. Dalam pelaksanaan tanggung jawab ganti rugi tidak jelas, dan penyelesaiannya dilakukan secara kebersamaan. Kedua, praktik sewa menyewa ayam Bangkok ditinjau sadd al-dzari’ah tidak sah karena sewa menyewa ayam bangkok tersebut bertujuan untuk menghasilkan keturunan ayam bangkok yang digunakan untuk sabung ayam yakni mengandung unsur mafsadah. Kata Kunci: Ijarah, Ayam Bangkok, Sadd al-Dzari’ah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sadd al-Dzari'ah, Sewa Menyewa, Ayam Bangkok
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:52
Last Modified: 05 Oct 2023 04:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15266

Actions (login required)

View Item View Item