Dominasi Cerai Gugat Bagi Pasangan Suami Istri Dengan Pendidikan Sama (Studi Kasus Cerai Gugat Di Pengadilan Agama Kelas IA Padang)

Aulia Hesri, Azizah (2023) Dominasi Cerai Gugat Bagi Pasangan Suami Istri Dengan Pendidikan Sama (Studi Kasus Cerai Gugat Di Pengadilan Agama Kelas IA Padang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (717kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text (Full Skripsi)
SKRIPSI FULL AZIZAH AULIA HESRI water mark. fixs.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh tingginya kasus perceraian yang didominasi cerai gugat pada pasangan dengan pendidikan yang sama, di mana pendidikan menjadi semakin merata dikalangan masyarakat. Pasangan dengan pendidikan yang sama seharusnya memiliki kesempatan untuk membangun hubungan yang seimbang. Namun, data yang menunjukkan dominasi cerai gugat pada pasangan dengan latar belakang pendidikan yang sama menimbulkan pertanyaan mengenai tantangan yang dihadapi dalam mencapai kesetaraan dalam pernikahan.Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1.) Untuk menganalisis yang mempengaruhi terjadinya cerai gugat pada pasangan suami istri dengan pendidikan yang sama 2). Untuk menganalisis pengaruh pendidikan yang sama terhadap tingkat perceraian.Pertanyaan penelitian: 1.) Apa saja faktor yang mempengaruhi terjadinya cerai gugat pada pasangan suami istri dengan pendidikan yang sama? 2.) Apakah pengaruh pendidikan yang sama terhadap tingkat perceraian?.Penelitian ini merupakan penelitian normative/ legal research. Data dalam penelitian ini bersumber dari Putusan Pengadilan Agama Padang Kelas IA. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1.) Faktor yang mempengaruhi terjadinya cerai gugat pada pasangan suami istri dengan pendidikan yang sama yakni faktor-faktor seperti ketidaksesuaian dalam agama, kemampuan finansial yang tidak memadai, akhlak yang buruk, pekerjaan yang tidak stabil menjadi alasan utama terjadinya cerai gugat pada pasangan suami istri dengan pendidikan yang sama. 2.) Pengaruh pendidikan yang sama terhadap tingkat perceraianyakni pernikahan di antara pasangan yang memiliki pendidikan yang sama menunjukkan bahwa kesamaan pendidikan tidak secara langsung menyebabkan perceraian, melainkan faktor-faktor lain seperti ketidaksesuaian dalam faktor agama, ekonomi, akhlak, dan pekerjaan,memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang kompleksitas hubungan pernikahan. Pendidikan yang sama antara pasangan dapat menjadi jaminan untuk mencegah terjadinya perceraian, terutama jika terdapat kesesuaian dalam faktor agama, faktor ekonomi, faktor akhlak, dan faktor pekerjaan. Terdapat empat faktor utama yang lebih berpengaruh, yaitu faktor agama, faktor ekonomi, faktor akhlak, dan faktor pekerjaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cerai Gugat, Kafa’ah, Homogami
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Perceraian Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:47
Last Modified: 10 Oct 2023 08:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15263

Actions (login required)

View Item View Item