Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Rohani Islam (Rohis) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 4 Padang

Novalda, Putri Ana (2023) Pengaruh Kegiatan Ekstrakulikuler Rohani Islam (Rohis) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 4 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (427kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (415kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (Cover, abstrak, pengesahan, dll)
COVER, ABSTRAK, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN DLL.pdf - Published Version

Download (578kB)
[img] Text
Putri Ana Novalda 1914010051. FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrakurikuler Rohani Islam terhadap hasil belajar PAI pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 4 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analisis. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X yang mengikuti rohis dengan sampel 78 orang. Penelitian ini menggunakan populasi dan pengumpulan data yang dilakukan melalui angket. Sedangkan analisa data yang digunakan merupakan teknik korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini dengan perolehan korelasi sebesar 0,348; sehingga nilai r hitung berkisar antara 0,20-0,40. Maka antara ekstrakurikuler Rohis terhadap hasil belajar PAI memang terdapat korelasi, namun korelasi tersebut cukup baik. Sementara setelah dilakukan perhitungan koefisien determinasi, dari hasil perhitungan koefisien determinasi ekstrakurikuler rohis mempunyai kontribusi atau pengaruh hanya sebesar 0,12% dalam mempengaruhi hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas X di SMK Negeri 4 Padang. Kemudian 99,88 % dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor dari dalam diri maupun luar diri yang meliputi lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakulikuler, Rohani Islam, Hasil Belajar PAI
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:26
Last Modified: 12 Oct 2023 01:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15261

Actions (login required)

View Item View Item