Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Everyone Piano Pada Materi Tangga Nada Mayor Minor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 7 Subtema 1 Kelas V SDN Tanjung Saba Padanv

Trisnawati, Bella and UNSPECIFIED (2023) Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Everyone Piano Pada Materi Tangga Nada Mayor Minor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Tema 7 Subtema 1 Kelas V SDN Tanjung Saba Padanv. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Abstrak)
Bella Novia Trisnawati-1914070076-PGMI-Cover Dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
Bella Novia Trisnawati-1914070076-PGMI-BAB I.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB III)
Bella Novia Trisnawati-1914070076-PGMI-BAB III.pdf

Download (433kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
Bella Novia Trisnawati-1914070076-PGMI-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (321kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Bella Novia Trisnawati-1914070076-PGMI-Fulltext.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan variasi media dalam kegiatan pembelajaraan SBdP yang digunakan untuk mengatasi rasa bosan dan jenuh peserta didik karena pembelajaran yang monoton, dengan adanya variasi media pembelajaran diharapakan peserta didik tidak mudah bosan dan pembelajaran lebih optimal serta dengan mudah diterima oleh peserta didik, sehingga antusiasme peserta didik meningkat dan jadi lebih aktif untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan media Everyone Piano dalam materi tangga nada tema 7 subtema 1 kelas V SDN Tanjung Saba dan melihat apakah dengan media Everyone Piano ini peserta didik dapat dengan mudah memahami terkait materi tangga nada mayor minor pada pembelajaran SBDP dan melatih kecerdasan musikal peserta didik kelas V SDN 33 Tanjung Saba. Jenis penelitian ini adalah eskperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SDN 33 Tanjung Saba. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VA dan kelas kontrol VB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi 29 dan Ms.Excel. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar SBdP sehingga uji t dengan IMB SPSS versi 29 atau hasil analisis diperoleh α sig dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar = 0,00 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 dan Thitung > Ttabel maka Ha diterima H₀ ditolak. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,00 < 0,05). Artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan media everyone piano dengan yang tidak menggunakan media everyone piano, dapat disimpulkan bahwal bahwa hasil belajar peserta didik yang menggunakan media everyone piano lebih tinggi dari pada hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan media everyone piano atau media papan tulis dan ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Every Piano, Hasil belajar
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Alat Bantu Pembelajaran Menggunakan Komputer
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:20
Last Modified: 12 Oct 2023 08:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item