STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING dalam MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FIQH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIBOLGA

Anggi Pratiwi, Aprilia (2023) STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING dalam MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN FIQH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SIBOLGA. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, KATA PENGANTAR, PUSTAKAN)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI BARUUUU FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar karena rendahnya keaktifan peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan strategi active knowledge sharing dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pelajaran Fiqh. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana pembelajaran active knowledge sharing pada mata pelajaran Fiqh di MAN Sibolga, kedua bagaimana strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan keaktifan peserta didik bidang studi fiqh di MAN Sibolga, apakah terdapat pengaruhnya atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah, untuk mengetahui pembelajaran Active Knowledge Sharing pada mata pelajaran fiqh didik di MAN Sibolga, Untuk mengetahui strategi Active Knowledge Sharing dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada bidang studi fiqh di MAN Sibolga, untuk mengetahui pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing pada bidang pada pelajaran fiqh di MAN Sibolga dalam meningkatkan keaktifan peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif,metode yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Research). Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas XI di MAN sibolga pada tahun 2023/2024, yang terbagi menjadi 6 kelas XI ips1, XI ips2, XI keagamaan, XI mipa 1, XI mipa 2, XI mipa 3. Pengambilan sampel dilakukan dengan non rondam samplingjenis proposive sampling yakni didasarkan ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai keterkaitan yang erat dengan ciri-ciri populasi yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing terhadap keaktifan belajar Fiqh peserta didik kelas XI di MAN Sibolga, dengan hasil uji hipotesis yaitu diperoleh sig α sebesar= 0,001, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,001 <0,05). Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak dan artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing terhadap keaktifan belajar peserta didik diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan Keaktifan belajar mata pelajaran Fiqh menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing dengan yang tidak menerapkan Strategi Active Knowledge Sharing, sehingga dapat disimpulkan bahwa Keaktifan belajar peserta didik yang menggunakan Strategi Active Knowledge Sharing lebih baik dari pada Keaktifan belajarpeserta didik yang tidak menerapkan Strategi Active Knowledge Sharinng.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING, KEAKTTIFAN BELAJAR, FIQH
Subjects: Agama Islam
U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:09
Last Modified: 12 Oct 2023 01:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15242

Actions (login required)

View Item View Item