PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 1 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Arfi Herlindo, Arfi (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP N 1 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (COVER DAN ABSTRAK)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (982kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI GABUNG)
GABUNG.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Arfi Herlindo: NIM: 412444 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2017/2018 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Hal ini disebabkan oleh peserta didik masih malu megajukan pertanyaan kepada pendidik, pembelajaran hanya didominasi oleh peserta didik yang mengerti. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token dalam pembelajaran matematika kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui aktivitas peserta didik kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang pada pembelajaran matematika yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe time token dengan pendekatan saintifik. (2) Mengetahui hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe time token lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang yang diajar dengan pembelajaran saintifik. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Peserta didik kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang terdiri dari 7 kelas. Dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling terpilih peserta didik, kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada 12 September sampai 12 Oktober 2017 di SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Instrumen pada penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token lebih tinggi dari pada pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Berdasarkan analisis data aktivitas, diperoleh rata-rata aktivitas peserta didik pada pembelajaran matematika dari pertemuan pertama sampai pertemuan kelima yaitu (44,2%), (52,2%), (57,6%), (64,2%) dan (71,4%). Dari tes hasil belajar diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 75,78 dan rata-rata nilai kelas control adalah 70,79. Uji hipotesis dilakukan setelah uji normalitas dan homogenitas untuk kedua kelas sampel. Setelah kedua kelas diketahui normal dan homogen, maka dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan perhitungan sehingga diperoleh thitung>ttabel (1,663>1,645) dengan αi=i0,05 pada taraf kepercayaan 95% maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima artinya hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang yang diajar denggan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token lebih tinggi dari hasil belajar yang diajar tanpa penerapan model kooperatif tipe time token.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2018 02:57
Last Modified: 14 Nov 2018 02:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1524

Actions (login required)

View Item View Item