Pandangan Masyarakat Terhadap Alumni Pesantren Mustafawiyah Di Desa Purba Baru, Mandailing Natal 2003-2013

Sitompul Nurfatimah, Siti (2023) Pandangan Masyarakat Terhadap Alumni Pesantren Mustafawiyah Di Desa Purba Baru, Mandailing Natal 2003-2013. Skripsi thesis, FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA.

[img] Text (Cover)
Cover Siti.pdf - Published Version

Download (449kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_Siti.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_Siti.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (BAB V & Dafrtar Pustaka)
BAB IV & daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (Full Version)
Full Version_Siti.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pandangan Masyarakat Terhadap Alumni Pesantren Mustafawiyah Di Desa Purba Baru, Mandailing Natal 2003-2013“, disusun oleh Siti Nurfatimah Sitompul, NIM: 1911020007, Jurusan Sejarah Peradaban Islam Fakultas Adab dan Humaniora UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi ini membahas permasalahan: Kajian ini didasarkan pada asumsi bahwa alumni pondok pesantren Mustafawiyah mempunyai peran yang amat penting dalam kehidupan sosial masyarakat, khususnya ditempat mereka berada. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah, ada empat langkah dalam penelitian sejarah yaitu terdapat metode heuristik, kritik sumber, sintesis, dan historiografi. Perkembangan alumni pondok pesantren Mustafawiyah yang sangat pesat tentu tidak terlepas dari peran masyarakatnya. Kontribusi alumni pesantren Mustafawiyah terhadap masyarakat Purba Baru tentu sebagai pengukuh moral spiritual keagamaan masyarakat sekaligus sebagai sarana pengatur batasan dalam bergaul antara anak laki-laki dan perempuan agar tidak terjadi pergaulan bebas ditengah masyarakat Purba Baru. Masyarakat Purba Baru berpandangan mengenai eksistensi alumni ditengah-tengah lingkungan mereka kebanyakan eksis dibidang agama seperti menjadi guru mengaji di madrasah ikut andil dalam organisasi keagamaan seperti menjadi pengurus Nahdatul Ulama (NU) Sumatera Utara. Namun tidak menutup kemungkinan di luar bidang agama mereka juga bisa sukses dan berkembang. Meskipun banyak alumni pesantren Mustafawiyah yang berhasil ada juga beberapa yang sama sekali tidak terlihat peranannya di tengah-tengah masyarakat dan terlihat seperti orang biasa yang bersekolah di sekolah umum. Dalam keberagamaan alumni pondok pesantren Mustafawiyah tidak semua alumni pondok pesantren Mustafawiyah menjalankan sepenuhnya apa yang mereka peroleh selama belajar di pesantren Mustafawiyah akan tetapi mengenai perbedaan dalam hal beragama pesantren Mustafawiyah mengajarkan sikap toleransi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pandangan Masyarakat Terhadap Alumni Pesantren Mustafawiyah Di Desa Purba Baru, Mandailing Natal 2003-2013
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:28
Last Modified: 05 Oct 2023 02:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15238

Actions (login required)

View Item View Item