Peran Niniak Mamak Pusako Batanam Sebagai Hakam Dalam Penyelesaian Syiqaq (Studi Kasus di Nagari III Koto Aur Malintang Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman)

Aqil, Muhammad (2023) Peran Niniak Mamak Pusako Batanam Sebagai Hakam Dalam Penyelesaian Syiqaq (Studi Kasus di Nagari III Koto Aur Malintang Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER, ABSTRAK DAN HALAMAN PENGESAHAN)
cover, abstrak dan halaman pengesahan.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (730kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (536kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT MUHAMMAD AQIL.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul "Peran Niniak Mamak Pusako batanam sebagai Hakam dalam penyelesaian syiqaq di Nagari III Koto Aur Malintang Kecamatan IV Koto Aur Malintang Kabupaten Padang Pariaman". Disusun oleh Muhammad Aqil NIM. 1913010080 Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Fakultas Syari'ah UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadi konflik rumah tangga perlu ada penengah yaitu hakam, di Nagari III Koto Aur Malintang yang menjadi hakam adalah niniak mamak pusako batanam, sehingga permasalahan keluarga bisa diselesaikan dan tidak terjadi perceraian, tujuan penelitian ini untuk mengetehui praktik penyelesaian syiqaq oleh niniak mamak dan untuk mengetahui tinjauan manajemen konflik dalam penyelesaian syiqaq, yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana praktik penyelesaian syiqaq oleh niniak mamak pusako batanam di Nagari III Koto Aur Malintang. (2) Bagaimana tinjauan manajemen konflik hukum keluarga terhadap penyelesaian syiqaq di Nagari III Koto Aur Malintang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer diperoleh secara langsung dari informan dengan teknik pengambilan data yaitu melakukan wawancara dengan sumber pertama yaitu niniak mamak, dan tokoh masyarakat. Data sekunder diperoleh secara tidak langsung dari sumbernya seperti buku-buku dan jurnal yang dikumpulkan melalui studi pustaka yang berkaitan, dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Praktik penyelesaian syiqaq oleh niniak mamak pusako batanam yang pertama, tahap pelaporan. Kedua, mediasi dan musyawarah, mediasi dan musyawarah dilakukan pada malam hari setelah Sholat Isya di tempat yang telah disepakati. Ketiga, pemberian nasehat. Keempat, melakuan upaya damai dengan melibatkan orang tua. (2) Tinjauan manajemen konflik terhadap penyelesaian syiqaq, menggunakan gaya manajemen konflik kolaborasi, dengan penggunaan gaya ini, solusi-solusi yang diambil berupa win-win solution. Hal tersebut menunjukkan sikap adil yang dipraktekkan oleh niniak mamak pusako batanam dalam membina dan memimpin rumah tangganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Niniak Mamak, Syiqaq, Hakam, Manajemen konflik
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:02
Last Modified: 05 Oct 2023 04:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15217

Actions (login required)

View Item View Item