Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman)

Ikbal, Muhammad (2023) Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARI'AH.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (396kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Komisi Pemilihan Umum Dalam Sosialisasi Pemilu Bagi Pemilih Pemula Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Pada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pasaman)” telah disusun oleh Muhammad Ikbal NIM. 1913030153 Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syari’ah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sosialisasi pemilu oleh KPU Kabupaten Pasaman pada pemilih pemula sehingga banyak dari pemilih pemula yang tidak memahami tentang tahapan-tahapan pemilu dan pentingnya hak dan kewajiban dalam pemilu. Masalah dari penelitian ini adalah pertama, bagaimana upaya Komisi Pemilihan Umum dalam mensosialisasikan pemilu pada pemilih pemula di Kabupaten Pasaman. Kedua, bagaimana pandangan siyasah dusturiyah terhadap peran Komisi Pemilihan Umum dalam sosialisasi pemilu pada pemilih pemula di Kabupaten Pasaman. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pertama, sosialisasi pemilu pada pemilih pemula secara langsung dilakukan dengan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Pasaman dengan bertindak sebagai pembina upacara dan membimbing pelaksanaan pemilihan ketua OSIS, selain itu juga diadakan di luar sekolah dengan konsep unik dan dapat menarik perhatian pemilih pemula. Sosialisasi secara tidak langsung dilakukan melalui media seperti spanduk, banner, baliho, dan memanfaatkan media sosial serta laman KPU Kabupaten Pasaman. Sosialisasi pemilu pada pemilih pemula KPU Kabupaten Pasaman sudah memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, namun dari segi pelaksanaan belum optimal karena terdapat beberapa hambatan seperti anggaran dan kegiatan tahapan pemilu yang padat. Kedua, menurut siyasah dusturiyah, peran KPU Kabupaten Pasaman dalam sosialisasi pada pemilih pemula sudah sesuai dengan aspek pemenuhan hak-hak rakyat, karena hak-hak pemilih pemula seperti pendapat Abul a’la al-Maududi yaitu hak kebebasan berpendapat dan berkeyakinan, untuk mendapatkan sosialisasi pemilu sudah dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci : Sosialisasi Pemilu, Pemilih Pemula, Siyasah Dusturiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi Pemilu, Pemilih Pemula, Siyasah Dusturiyah
Subjects: U Umum (General) > Hukum
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:35
Last Modified: 05 Oct 2023 04:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15212

Actions (login required)

View Item View Item