STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) SUMATERA BARAT DALAM MEMINIMALISIR PELANGGARAN PROGRAM SIARAN RADIO DAN TELEVISI

Rusyadi, Fahrul (2023) STRATEGI KOMUNIKASI KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH (KPID) SUMATERA BARAT DALAM MEMINIMALISIR PELANGGARAN PROGRAM SIARAN RADIO DAN TELEVISI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
COVER, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PEMBIMBING, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (531kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (260kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXTT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih banyaknya lembaga penyiaran yakni radio dan televisi yang melakukan berbagai pelanggaran program siaran seperti perlindungan pelanggaran kepada anak, yakni tayangan rokok, seksualitas, kekerasan. Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Barat sebagai suatu lembaga yang mengawasi penyiaran sesuai dengan undang-undang penyiaran dan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Dalam P3SPS terdapat pasal-pasal yang mengatur tentang penyiaran. Namun KPID masih bnyak menemukan pelanggaran-pelanggaran program siaran. Oleh karena itu perlu adanya strategi komunikasi dari KPID Sumatera Barat untuk meminimalisir pelanggran program siaran tersebut. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perumusan, pelaksanaan serta evaluasi strategi komunikasi KPID Sumatera Barat dalam meminimalisir pelangaran program siaran radio dan televisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan secara langsung turun ke lapangan. Prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari beberapa informan yang didapat dari KPID Sumatera Barat. Dengan menggunakan Teknik sampel purposive sampling. Kemudian peneliti mengumpulkan data melalui pengamatan pada kantor KPID Sumatera Barat, serta melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data yang didapatkan dari lapangan akan dianalisis dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perumusan strategi komunikasi KPID Sumatera Barat menetapkan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). KPID Sumbar sedang merancang Perda Penyiaran, KPID Sumbar juga merancang strategi komunikasi yang akan dilakukan untuk meminimalisir pelangaran. (2) Pelaksanaan strategi komunikasi KPID Sumatera Barat yaitu Pertama, pelaksanaan Sekolah P3SPS karena banyaknya data pelanggaran yang dilakukan oleh Lembaga Penyiaran. Kedua, evaluasi program siaran apabila ditemukan potensi pelanggaran maka akan dibina dan dipanggil ke kantor. Ketiga, Pelaksaan monitoring evaluasi yang di lakukan KPID Sumbar datang secara langsung ke studionya ke tempat lembaga penyiaran tersebut. (3) Evaluasi strategi komunikasi KPID Sumatera Barat melakukan kajian meninjau ulang tahapan perumusan dan pelaksanaan. mengkaji ulang faktor-faktor eksternal dan internal yang menjadi landasan perumusan strategi yang diterapkan sekarang, mengukur kinerja dengan membandingkan hasil yang diharapkan dengan hasil sebenarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, KPID Sumatera Barat, Program Siaran
Subjects: U Umum (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:10
Last Modified: 11 Oct 2023 04:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15202

Actions (login required)

View Item View Item