Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA

Yulia, Nofriza (2023) Pengembangan Modul Elektronik Fisika dengan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI SMA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, KEASLIAAN, PERSETUJUAN, PENGESAHAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL DAN DAFTAR GRAFIK)
COVER, ABSTRAK & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (335kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (404kB)
[img] Text (BAB V-DAPUS)
BAB V-DAPUS.pdf - Published Version

Download (293kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL NOFRIZA YULIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Nofriza Yulia, Nim.1914080043. Pengembangan modul elektronik dengan model learning cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMA. Skripsi. Program Studi. Tadris Fisika, Program Sarjana Universitas Islam negeri Imam Bonjol Padang, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya penggunaan bahan ajar fisika yang memanfaatkan IPTEK seperti modul elektronik di dunia pendidikan. Biasanya peserta didik menggunakan LKS dan buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai bahan ajarnya. Sehingga kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran cukup rendah karena sumber belajar yang kurang menarik. Tujuan penelitian ini menghasilkan modul elektronik fisika dengan model learning cycle 7E terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi teori kinetik gas dan termodinamika. Sehingga dihasilkan modul elektronik yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu mulai dari tahap analisis (analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation)dan tahap evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas, angket praktikalitas dan angket efektivitas. Uji validitas modul elektronik diberikan kepada 3 orang validator ahli, dinilai dari aspek materi/isi, media, dan bahasa. Uji praktikalitas modul elektronik diberikan kepada 1 orang pendidik fisika dan 20 orang peserta didik kelas XI IPA SMA N 1 Kinali dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul elektronik fisika dengan model learning cycle 7E yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan praktis terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI SMA. Kevalidan modul elektronik tersebut memperoleh skor rata-rata 88,66%, dengan kategori sangat valid, dimana materi/isi valid 85%, media valid 89% dan bahasa valid 92%. Kepraktisan modul elektronik tersebut memperoleh skor rata-rata 91% dengan kategori sangat praktis, dimana dari pendidik praktis 97% dan dari peserta didik praktis 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul elektronik fisika yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: modul elektronik fisika, learning cycle 7E, pemecahan masalah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:46
Last Modified: 06 Feb 2024 01:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15158

Actions (login required)

View Item View Item