Implementasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas X MAN Kota Pariaman

Khairani, Hasnatul (2023) Implementasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas X MAN Kota Pariaman. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB I)
Hasnatul Khairani. NIM 1914010024. BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text (BAB III)
Hasnatul Khairani. NIM 1914010024. BAB III (1).pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB V)
Hasnatul Khairani. NIM 1914010024. BAB V (1).pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (cover)
SKRIPSI.Hasnatul Khairani.1914010024-cover.pdf - Published Version

Download (880kB)
[img] Text (full text)
SKRIPSI.Hasnatul Khairani.1914010024.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi dan fokus peserta didik dalam pembelajaran SKI sementara pendidik sudah menggunakan strategi Crossword Puzzle untuk mengatasi hal itu, strategi Crossword Puzzle ini bertujuan agar peserta didik mudah memahami materi dan mendorong partisipasi mereka dalam belajar. Namun dalam realitasnya peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran SKI, ketika peserta didik diberi kesempatan untuk mencari, menjawab dan mempresentasikan jawaban soal Crossword Puzzle hanya beberapa orang diantara mereka yang berpartisipasi dalam belajar. Maka dari itu penulis ingin melihat lebih lanjut bagaimana implementasi strategi pembelajaran Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas X MAN Kota Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanan strategi pembelajaran Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X MAN Kota Pariaman, (2) Pelaksanaan strategi pembelajaran Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X MAN Kota Pariaman, (3) Evaluasi strategi pembelajaran Crossword Puzzle pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Kelas X MAN Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan mengambil latar MAN Kota Pariaman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi dan wawancara yang ditujukan kepada pendidik mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X, kepala sekolah dan beberapa orang peserta didik kelas X Man Kota Pariaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama pendidik melakukan perencanaan pembelajaran yang harus disiapkan sebelum dimulainya proses pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bertujuan agar proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle dapat berjalan efektif, serta persiapan lainnya yaitu soal Crossword Puzzle atau soal teka-teki silang yang akan digunakan dalam pembelajaran. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan strategi Crossword Puzzle pada mata pelajaran SKI Kelas X MAN Kota Pariaman ini berjalan sesuai perencanaan yang tercantum pada RPP. Ketiga, evaluasi pendidik dengan menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle ini hasil belajar peserta didik sudah meningkat dan nilainya rata-rata sudah diatas KKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Strategi Crossword Puzzle, SKI,
Subjects: Agama Islam > Sejarah Islam
U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:23
Last Modified: 13 Dec 2023 03:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15145

Actions (login required)

View Item View Item