Proses Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Oleh BAZNAS Sijunjung Melalui Program Sijunjung Makmur Di Nagari Muaro Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung

Afronal, Roni (2023) Proses Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Oleh BAZNAS Sijunjung Melalui Program Sijunjung Makmur Di Nagari Muaro Kecamatan Sijunjung Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (cover)
COVER - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (875kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB l.pdf - Published Version

Download (706kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB lll.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB V.DP.pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL RONI (1) (1) (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini beranjak dari upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh BAZNAS Sijunjung di Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Permasalahan yang terjadi dalam program sijunjung makmur di BAZNAS Sijunjung yaitu awalnya hanya memberikan bantuan lebih banyak ke konsumtif atau hanya sekedar memberikan bantuan berupa sembako. Jika ini dibiarkan maka masyarakat nagari muaro akan manja dan tentunya akan membuat masyarakat malas, karena selalu menggantungkan diri kepada sembako yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama, menguatkan daya masyarakat oleh BAZNAS Sijunjung melalui program Sijunjung Makmur. Kedua, mengetahui melindungi masyarakat lemah oleh BAZNAS Sijunjung melalui program Sijunjung Makmur di Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informasi dan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sehingga didapat informan bidang pendayagunaan, pendistribusian BAZNAS dan 5orang masyarakat penerima bantuan. Data yang terkumpul diolah dengan cara display data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pemberdayaan oleh BAZNAS Sijunjung melalui program Sijunjung Makmur. Pertama, menguatkan daya masyarakat adalah dengan memberikan bantuan berupa alat pekerjaan seperti gerobak, mesin cukur rambut dan mesin jahit. Selain itu BAZNAS juga memberikan bantuan dana modal usaha. Kedua, BAZNAS dalam melindungi masyarakat lemah adalah dengan memberikan bantuan berupa bibit pertanian seperti bibit sawit yang diberikan kepada kelompok tani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, BAZNAS
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 06 Oct 2023 02:27
Last Modified: 12 Oct 2023 01:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15139

Actions (login required)

View Item View Item