Implmentasi Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pelajaran IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang

M, Reni Sundari (2023) Implmentasi Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Pelajaran IPS Di Kelas VIII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (cover-daftar isi)
COVER-DFTR ISI RENI SUNDARI. M.pdf - Published Version

Download (733kB)
[img] Text (BAB I)
Reni Sundar. M (1914090032) BAB I.pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text (BAB III)
Reni Sundar. M (1914090032) BAB III.pdf - Published Version

Download (367kB)
[img] Text (BAB V)
Reni Sundar. M (1914090032) BAB V.pdf - Published Version

Download (357kB)
[img] Text (Fulltext)
RENI SUNDARI. M SKRIPSI AKHIR FULL TEXT (pdf.io).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan peneliti di lapanagan bahwa kegiatan pembelajaran IPS di kelas masih belum berjalanan dengan baik atau belum optimal. Penggunaanm model pembelajaran kooperatif Student Teams Achiviement Division (STAD) didalam kegiatan pembelajaran IPS masih belum berjalan secara kondusif, peserta didik yang masih kurang memahami materi yang disampaikan guru dan membuat peserta didik belum aktif didalam proses belajar menagajar sedang berlangsung terlihat ketika guru menanyakan materi yang terkait dengan tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menjawab pertanyaan yang telah peneliti rumuskan dalam rumusan masalah yakni untuk mengetahui bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achiviement Division (STAD) di SMP Negeri 31 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan field research atau studi lapangan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data yang dijadikan objek dalam penelitian ini yaitu terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. 1) Data Primer, yaitu sumber yang didapatkan dari hasil wawancara dengan guru IPS dan peserta didik serta observasi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. 2) Data Sekunder, yaitu sumber yang didapatkan dari buku-buku, dokumen dan literature lainnya yang menunjang kajian pustaka dalam penelitian ini. Sumber lain yang akan dijadikan sebagai sumber data dalam penelitian ini adalah RPP. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 31 Padang sudah menggunakan model pembelajaran kooperatif Student Teams Achiviement Division (STAD) sebagai kegiatan pembelajaran IPS. Guru merancang pembelajaran dan menggunakan RPP terbaru kurikulum 2013 revisi 2017. Model pembealajaran kooperatif Student Teams Achiviement Division (STAD) media yang digunakan oleh guru IPS beragam ada yang berbentuk video, PPT, LKS, dan buku cetak. Metode diskusi, ceramah, kuis/tugas, dan tanya jawab. Materi yang disajikan kebanyakan bersumber dari buku pedoman guru yang layak untuk dijadikan bahan ajar atau tidak. Dalam penggunaannya peserta didik dan guru menanggapi dengan baik dalam proses pembelajaran. Dengan diterapkan ini dapat memaksimalkan peran keaktifan peserta didik dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran lebih bervariasi mengutamakan kerja sama dengan adanya struktur tugas, dan struktur penghargaan, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Koopeartif Student Teams Student Achievement Division (STAD), IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division (STAD), IPS
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran Lainnya, Metode Pengajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 09 Oct 2023 05:17
Last Modified: 11 Oct 2023 02:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15124

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item