Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wakaf Ternak Ayam Berdasarkan Aspek Kelembagaan dan Modal Sosial Pada Yayasan Al Islam Kota Payakumbuh

Fadhil, Muhamad (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wakaf Ternak Ayam Berdasarkan Aspek Kelembagaan dan Modal Sosial Pada Yayasan Al Islam Kota Payakumbuh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (File Cover, Abstrak dan Pengesahan)
File Cover.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (BAB I)
File BAB I.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (BAB III)
File BAB III.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
File BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (Full Text)
Full Text Muhamad Fadhil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat adalah upaya yang dilakukan melalui serangkaian kegiatan untuk memperkuat keberdayaan suatu kelompok lemah di masyarakat untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Pemberdayaan masyarakat dilihat melalui aspek kelembagaan wakaf, modal sosial dan wakaf produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti pengaruh pemberdayaan masyarakat melalui wakaf ternak ayam berdasarkan aspek kelembagaan wakaf dan modal sosial pada Yayasan Al Islam di Kota Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data primer peneliti gunakan melalui hasil observasi dan kuesioner dengan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan 35 sampel untuk kuesioner yang dianalisis menggunakan metode SEM-PLS. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa kelembagaan tidak berpengaruh yang signifikan terhadap wakaf produktif, sedangkan modal sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap wakaf produktif. Kelembagaan wakaf dan modal sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemberdayaan masyarakat namun pengaruh kelembagaan wakaf dan modal sosial terhadap pemberdayaan masyarakat melalui wakaf produktif ternak ayam tidak berpengaruh secara signifikan. Wakaf ternak ayam tidak memiliki pengaruh terhadap pemberdayaan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Wakaf Produktif, Kelembagaan Wakaf, Modal Sosial, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:21
Last Modified: 10 Oct 2023 13:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15112

Actions (login required)

View Item View Item