Analisis Semiotika Dakwah Komunikasi Visual melalui Akun Instagram @jndmmsyhd

Rosyada, Amrina (2023) Analisis Semiotika Dakwah Komunikasi Visual melalui Akun Instagram @jndmmsyhd. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Amrina Rosyada NIM 1912010028 Cover.pdf - Published Version

Download (887kB)
[img] Text (BAB I)
Amrina Rosyada NIM 1912010028 (BAB I).pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (BAB III)
Amrina Rosyada NIM 1912010028 (BAB III).pdf - Published Version

Download (386kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Amrina Rosyada NIM 1912010028 (BAB V-DAFTAR PUSTAKA).pdf - Published Version

Download (664kB)
[img] Text (Fulltext)
Amrina Rosyada NIM 1912010028 (FULLTEXT).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dakwah merupakan suatu ajakan bagi setiap manusia sesuai dengan perintah Allah SWT, untuk keselamatan dunia dan akhirat. Proses penyampaian dakwah tidak hanya memberikan pengertian, mempengaruhi sikap dan membangun hubungan yang baik. Hal yang terpenting dalam komunikasi dan juga dakwah adalah mendorong mad’u untuk melaksanakan ajaran Islam yang disampaikan oleh da’i. Dakwah dan komunikasi tidak dilakukan melalui lisan saja, tapi juga menggunakan media (wasilah) salah satu unsur dakwah dan juga komunikasi. Hadirnya media baru sebagai hasil kemajuan teknologi salah satunya media instagram. Platform instagram banyak digunakan oleh da’i-da’i dalam berdakwah, seperti akun @jndmmsyhd milik Uztadz Jundi Imam Syuhada. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pesan dakwah (sign) divisualisasikan pada postingan akun instagram @jndmmsyhd berupa video, foto dan quotes yang di pilih berdasarkan jumlah viewers dan like terbanyak dan yang sedikit selama bulan Oktober 2022 hingga Maret 2023. Serta mengetahui pesan dakwah (sign) tersebut diterjemahkan sehingga menarik (interpretant) bagi audien (object) khususnya pelajar dan mahasiswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode ini ditujukan untuk menggali lebih dalam mengenai dakwah komunikasi visual melalui media instagram dalam menyampaikan pesan. Penelitian ini menganalisa visualisasi pesan dakwah pada akun instagram @jndmmsyhd dengan menggunakan teknik analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Unsur-unsur visual merupakan hal yang menarik dalam proses penyampaian misi dakwah dengan menggunakan berbagai kekuatan visual berupa tipografi, ilustrasi, warna, layout dan tiga prinsip komunikasi visual berupa kesatuan, keseimbangan dan penekanan. Hasil penelitian ini yang ditemukan adalah video yang diposting pada tanggal 27 Januari 2023 dengan jumlah viewers terbanyak dengan jumlah 341.000, dengan 8.298 like serta 21 comen, berisi tentang motivasi serta arahan bahwasanya ada Allah SWT disegala kondisi hambaNya. Pesan yang terdapat didalamnya serta di dukung oleh desain yang membuat pelajar dan mahasiswa perempuan tertarik dengan postingan tersebut. Foto yang diposting pada 30 Desember 2022 dengan jumlah like sebanyak 5.844 dan 49 comen, yang di dalamnya terdapat pesan jangan berhenti berdo’a dan memperbaiki diri. Pesan tersebut yang membuat perempuan tidak terkecuali pelajar dan mahasiswa perempuan tertarik dengan postingan tersebut. Qoutes yang diposting pada 15 Januari 2023 dengan jumlah like terbanyak yaitu 26.160 dengan 133 comen, didalamnya terdapat sebuah pesan akan sabar serta larangan terburu-buru mengambil sebuah keputusan. Hal tersebut yang menarik pelajar dan mahasiswa perempuan karena pesan tersebut berguna dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Semiotika, Dakwah, Komunikasi Visual, Instagram @jndmmsyhd
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Dakwah Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:41
Last Modified: 12 Oct 2023 03:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15090

Actions (login required)

View Item View Item