PENUNDAAN PEMBAYARAN DALAM JUAL BELI DAGING SAPI DITINJAU DARI FIKIH MUAMALAH (Studi di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan)

TISMAWARNI, TISMAWARNI (2023) PENUNDAAN PEMBAYARAN DALAM JUAL BELI DAGING SAPI DITINJAU DARI FIKIH MUAMALAH (Studi di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

This is the latest version of this item.

[img] Text (cover, abstrak dan pengesahan)
Tismawarni-1913040024-HES-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Tismawarni-1913040024-HES-BAB I.pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (bab III)
Tismawarni-1913040024-HES-BAB III.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar pustaka)
Tismawarni-1913040024-HES-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (full text)
Tismawarni-1913040024-HES-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya penundaan pembayaran dalam jual beli daging sapi dimana tidak dilaksanakannya akad yang telah disepakati antara penjual dengan pembeli dalam penudaan pembayaran hutang yang dilakukan oleh masyarakat dalam jual beli daging sapi tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas pertanyaan penelitian ada tiga, yakni: Pertama, apa faktor penyebab masyarakat tidak mau membayar hutangnya?. Kedua, bagaimana tinjauan fikih muamalah terhadap penundaan pembayaran dalam jual beli daging sapi di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research). Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari informan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari buku, jurnal dan skripsi. Metode analisis data adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: Pertama, faktor penyebab masyarakat tidak mau membayar hutangnya adalah karena sedang kesulitan ekonomi atau dalam keadaan tidak mampu karena pada waktu panen masyarakat sudah memiliki hutang yang lain sehingga hasil panen digunakan untuk membayar hutang tersebut dan karena adanya masyarakat yang terlambat untuk menggarap sawah. Kedua, penundaan pembayaran hutang dalam jual beli daging sapi di Nagari Pakan Rabaa Utara Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan dalam pandangan hukum Islam adalah tidak sesuai dengan fikih muamalah karena telah melanggar empat dari enam prinsip penundaan pembayaran yaitu prinsip ridha, prinsip kemaslahatan, prinsip tolong menolong, prinsip tidak dan prinsip pertanggungjawaban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: JUAL BELI
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:10
Last Modified: 11 Oct 2023 04:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15081

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item