Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didk Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTsN 05 Solok Selatan

Yuliana, Dila (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didk Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII MTsN 05 Solok Selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER SAMPAI DAFTAR ISI)
DILA YULIANA 1914090036 COVER SAMPAI DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (500kB)
[img] Text (BAB 1)
DILA YULIANA 1914090036 BAB 1.pdf - Published Version

Download (495kB)
[img] Text (BAB III)
DILA YULIANA 1914090036 BAB III.pdf - Published Version

Download (472kB)
[img] Text (BAB V)
DILA YULIANA 1914090036 Bab V.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (fulltext)
Dila Yuliana 1914090036 Skripsi Fuulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran konversional di kelas VIII MTsN 05 Solok Selatan, sikap sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran two stay two stray di kelas VIII MTsN 05 Solok Selatan, serta pengaruh model pembelajaran two stay two stray dalam meningkatkan sikap sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas VIII MTsN 05 Solok Selatan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif., dengan jenis penelitian yaitu eksperimen semu (quasi exprerimental). Dsain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 05 Solok Selatan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quasi eksperimen,. Pelaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen adalah demgan penerapan model two stay two stray sedangkan pada kelas kontrol dengan pembelajaran konversional. Instrumen yang digunakan untuk mengukur sikap sosial adalah angket. Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan uji-t, karena data berdistribusi normal dan homogen. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa Analisi uji T yang dilakukan pada sofwere SPSS versi 29 diperoleh rata-rata sampel 80 dengan standar error = 3,393. Nilai Thitung = 3,722 sedangkan nilai df yaitu 52 nilai p(t) = 0,000 dan Confidence Interval Difference Lower sebesar 19,438 dan Upper 5, 821 Sehingga Sig a < 0,05 Yaitu 0,000 Artinya 0,000 < 0,05 Maka Ha diterima dan H0 ditolak dan Thitung > Ttabel yaitu 3,722 > 2,000 artinya Ha yang mengatakan terdapat perbedaan sikap sosial dengan model two stay two stray dan H0 ditolak. Dengan hasil dapat disimpulkan bahwa menggunakan model two stay two stray terdapat perbedaan sikap sosial peserta didik pada mata pelajaran IPS di kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL TWO STAY TWO STRAY, PEMBELAJARAN IPS
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:51
Last Modified: 06 Feb 2024 06:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15065

Actions (login required)

View Item View Item