Mendirikan Tenda Resepsi Pernikahan di Depan Usaha Masyarakat Perspektif Maqashid al-Syari'ah di Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang

yuli, Yuli (2023) Mendirikan Tenda Resepsi Pernikahan di Depan Usaha Masyarakat Perspektif Maqashid al-Syari'ah di Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
yuli, NIM 1913040032 (Cover, Abstrak, Halaman Pengesahan).pdf - Published Version

Download (988kB)
[img] Text (BAB I)
Yuli, NIm. 1913040032 (BAB I).pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
Yuli, NIm. 1913040032 (BAB III).pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (full tek)
Yuli, NIm. 1913040032 (Full Text).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] Text (BAB V)
Yuli,NIM. 1913040032 (BAB V-Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh maraknya masyarakat yang mendirikan tenda resepsi pernikahan yang memakai sebagian jalan di depan rumah dan di depan toko orang lain. Hal ini mengharuskan orang disebelahnya menutup toko yang tentu merugikan bagi pemilik toko di pinggir jalan, sehingga ada yang berakibat dipakainya halaman tempat usaha masyarakat, sehingga kerugian yang dialami pemilik usaha akibat tertutup usahanya dengan tenda resepsi pernikahan. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini yaitu: Pertama, bagaimana bentuk kesepakatan ganti rugi terhadap mendirikan tenda resepsi pernikahan di depan usaha masyarakat di Kelurahan Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang? Kedua, bagaimana perspektif maqashid al-syari’ah terhadap mendirikan tenda resepsi pernikahan di depan usaha masyarakat? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (kualitatif) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang penulis temukan yaitu: Pertama, bentuk kesepakatan antara pemilik pesta dan pemilik usaha yang tertutup tenda resepsi pernikahan yaitu adanya ganti rugi berupa pemberian uang dan membolehkan pemilik usaha yang tertutup tenda untuk mengambil makanan selama warung tertutup oleh tenda resepsi pernikahan, meskipun dalam pelaksanaannya ada juga pemilik pesta yang tidak menepati janjinya. Kedua, perspektif maqashid al-syari’ah terhadap mendirikan tenda resepsi pernikahan di depan usaha masyarakat yaitu melanggar hifz al-nafs yaitu berhubungan dengan masalah mempersulit orang lain dalam berusaha dan mengakibatkan renggangnya hubungan silaturahmi. Terlanggarnya hifz al-aql yaitu rasa aman, damai, dan tenang. Terlanggarnya hifz al-mal yaitu mengakibatkan kerugian pada pemilik usaha. Menutupi usaha orang lain yang terhalang dengan tenda resepsi pernikahan di depan usahanya, harus ada rasa tanggung jawab atau intropeksi terhadap usaha tetangga yang ditutupnya. Salah satu untuk menjaga sosialisasi yang damai, maka pemilik pesta harus tanggungjawab sebagai rasa terimakasih yang telah dibantu oleh tetangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemilik pesta tidak menepati janjinya dan terlanggarnya hifz al-nafs, hifz al-aql, hifz al-mal
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:44
Last Modified: 12 Oct 2023 01:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item View Item