Thillah, Nurhidayah (2023) Implementasi Strategi Snowball Throwing untuk Meningkatkan Bernalar Kritis Peserta Didik pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 6 Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS NEGERI ISLAM IMAM BONJOL PADANG.
Text (cover)
cover sampai daftar isi.pdf - Published Version Download (598kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (299kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (409kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Updated Version Download (203kB) |
|
Text (File Full Texs)
skripsi thillah.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, kurangnya kemampuan bernalar kritis peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Padang dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini disebabkan karena peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat dalam berdiskusi karena peserta didik belum memiliki bernalar kritis pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui apakah penerapan strategi snowball throwing dapat meningkatkan bernalar kritis peserta didik pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 6 Padang. Untuk mencapai tujuan di atas, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasy Eksperiment bentuk nonequivalent control group.. Dalam penelitian peneliti menggunakan desain penelitian control group pre-test dan post-test, kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu pre-test dan post-test dan instrumen yang digunakan untuk pengambilan data pengisian penilaian sikap yang terdiri dari observasi, penilaian diri sendiri, dan penilaian antar teman. Hasil penilaian sikap bernalar kritis di analisis secara statistik menggunakan SPPS 20. Hasil penelitian ini yaitu: 1) strategi snowball throwing dapat meningkatkan bernalar kritis peserta didik malalui penilaian sikap berupa pre-test dan post-test. 2) Bernalar kritis peserta didik sebelum penerapkan strategi snowball throwing pada pre-test kelas eksperimen dengan rata-rata 69,13. 3) Bernalar kritis peserta didik sesudah penerapan strategi snowball throwing pada post-test kelas eksperimen dengan rata-rata 84,31. 4) Terdapat perngaruh signifikan penerapan strategi snowball throwing terhadap bernalar kritis peserta didik. Dibuktikan menggunakan uji-t data bernalar kritis peserta didik memiliki sig 0,000 dimana lebih kecil dari signifikan 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi snowball throwing, Bernalar Kritis, Ilmu Pengetahuan Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 08:14 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 08:14 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15047 |
Actions (login required)
View Item |