Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Solok

Nursyah Alim, Refaldy (2023) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Solok. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Cover Skripsi RNA.pdf - Published Version

Download (603kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I RNA.pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III RNA.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V & Daftar Pustaka RNA.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (Full Text)
FULLTEXT RNA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional peserta didik di MTsN 2 Solok, (2) Untuk mengetahui gambaran minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Solok, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 2 Solok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu 250 orang peserta didik. Pengambilan sampel sebanyak 40 orang dengan Teknik random sampling. Teknik pengambilan data penelitian ini dengan cara menyebarkan instrument angket, dan teknik analisi data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai kecerdasan emosional peserta didik 72,73% dan rat-rata nilai minat belajar peserta didik 74,80% dimana keduanya dalam kategori sedang. Berdasarkan uji hopotesis terdapat pengaruh positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTsN 2 Solok. Hal ini dilihat dari hasil analisis inferensial dengan melakukan uji regresi linear sederhana. Nilai Signifikan 0,001 < 0,05 Nilai t-hitung > t-tabel (3.781 > 1.685) hal ini berarti Ho ditolak. Dengan demikian, kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap minat belajar. Koefisien regresi determinasi sebesar 0.273, yang mengandung makna bahwa 27.3% minat belajar dipengaruhi oleh kecerdasan emosional. Adapun hasil uji signifikan diperoleh nilai signifikan 0.000. Nilai signifikan < 0.05 (0.001< 0.05), maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Minat Beljar.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:38
Last Modified: 04 Dec 2023 04:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15031

Actions (login required)

View Item View Item