Dampak Usaha Tambak Udang Vanname Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam

Mutiara, Melisa (2023) Dampak Usaha Tambak Udang Vanname Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Koerisinilan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Darftar Tabel dan Daftar Tabel)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Koersinilan, Abstrak, Kata Pengantar Daftar Isi, Daftar Tabel dan Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (886kB)
[img] Text (BAB I_1916010072)
BAB I_1916010072.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (BAB IIi_1916010072)
BAB III_1916010072.pdf - Published Version

Download (433kB)
[img] Text (Melisa Mutiara_1916010072)
Melisa Mutiara_1916010072_FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA_1916010072)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA_1916010072.pdf - Published Version

Download (765kB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Dampak Usaha Tambak Udang Vanname Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam" disusun oleh Melisa Mutiara NIM. 1916010072. Program studi Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dampak usaha tambak udang Vannamei dalam meningkatkan kesejahteraan yang dilakukan oleh masyarakat Tiku Selatan dan Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam melalui usaha tambak udang vannamei dan mengetahui apa saja hasil yang telah diperoleh. Penelitian ini dilakukan di Tiku Selatan dan Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara secara mendalam, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Informan dalam penelitian ini terdiri dari 7 orang meliputi petani tambak, dan pekerja tambak. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh masyarakat Tiku Selatan dan Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam dalam meningkatkan kesejahteraan melalui usaha tambak udang vannamei, memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat, dengan pengembangan sumber daya alam dengan mengoptimalkan lahan non produktif menjadi lahan usaha tambak udang vannamei, Mampu memenuhi indikator kesejahteraan masyarakat Tiku Selatan dan Tiku Limo Jorong yaitu pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, Pendidikan, kesehatan, dan perumahan. Faktor Pendukung dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan budidaya udang Vannamei, yaitu kemudahan akses sumber daya, etos kerja masyarakat, dan dorongan ekonomi. Faktor penghambat peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan budidaya udang Vannamei, yaitu permodalan, tidak adanya bantuan pemerintah setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak Peningkatan, Kesejahteraan Masyarakat, Petani Tambak Udang Vanname.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:32
Last Modified: 04 Oct 2023 04:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/15021

Actions (login required)

View Item View Item