Pelestarian Nilai-nilai Budaya Minangkabau Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang

Syah, riani (2023) Pelestarian Nilai-nilai Budaya Minangkabau Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
Cover, Abstrak dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (323kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penyebab terjadinya pada kenakalan remaja di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang adalah tidak sedikit siswa SMP pada masa remajanya mengalami menyimpang dengan tidak sopan kepada guru, berkata kasar, tidak mengumpulkan tugas, dan bolos serta manjat pagar sebagian siswa terutama laki-laki ketahuan merokok dilingkungan sekolah. Oleh karena itu dibuktikan Sebagai bentuk kepedulian terhadap perkembangan generasi muda, dan semakin bergesernya budaya di kehidupan masyarakat. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang merupakan membangun “Galeri Budaya”. Hal ini dilakukan sebagai sarana edukasi bagi siswa untuk mengenal budaya Minangkabau, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang. Galeri tersebut dibangun sebagai sarana mambangkitkan batang tarandam nan lamo dikana juo melalui ekstrakurikuler siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perjalanan Nilai-nilai Budaya Minangkabau di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang (2) Mengetahui pelestarian nilai-nilai budaya Minangkabau melalui kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang. (3) Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pelestarian budaya Minangkabau di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, sumber data adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu pelestarian nilai-nilai budaya Minangkabau melalui kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Padang. Kedalam proses pembelajaran dikelas dan diluar kelas meliputi kegiatan ekstrakurikuler seperti silat dan tarian tradisional, lomba pantun Minangkabau, dan sudut Minang serta program memakai baju basiba dan menggunakan bahasa Minang setiap hari kamis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya, Minangkabau, Ekstrakurikuler
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:29
Last Modified: 06 Feb 2024 06:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14968

Actions (login required)

View Item View Item