Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspository Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS kelas VII MTsS PPT Istiqamah Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran ekspository berbantuan Ice Breaking terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas VII MTsS PPT Istiqamah Simawang

Insani, Auliya Mely (2023) Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Ekspository Berbantuan Ice Breaking Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS kelas VII MTsS PPT Istiqamah Pengaruh penggunaan strategi pembelajaran ekspository berbantuan Ice Breaking terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas VII MTsS PPT Istiqamah Simawang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER REVISI (4).pdf - Published Version

Download (963kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I mely.pdf - Published Version

Download (187kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III mely.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
BAB ful skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses belajar mengajar, rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTsS Ppt Istiqamah Simawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah berpengaruh strategi pembelajaran Ice Breakingdalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII MTsS PPT Istiqamah Simawang. Jenis penelitian ini ialah menggunakan metode jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimen. yaitu penelitian yang dalam melibatkan 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok yang diberikan perlakuan disebut kelompok eksperimen sedangkan kelompok yang tidak diberikan perlakuan disebut kelompok kontrol. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII terdiri dari 16 orang dari kelas eksperimen, 17 dari kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data yaitu berupa tes soal (pretest dan posttest). Hasil dari (pretest dan posttest) dianalisis menggunakan microsoft office excel dan SPSS 20. Dari hasil penelitian pada kelas eksperimen dan kontroldiperoleh dalam dua arah atau sig (2-tailed) sebesar = 0,000, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05). Hal ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak artinya Ha terdapat perbedaan yang signifikansi terhadap peningkatan hasil belajar kelas IPS MTsS PPT Istiqamah Simawang yang menggunakan Strategi Ice Breaking. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya ada Pengaruh dengan Menggunkan Strategi Ice Breakingbisa menjadi salah satu cara atau solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII MTsS PPT Istiqamah Simawang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Ice Breaking, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Simulasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 05 Feb 2024 06:56
Last Modified: 05 Feb 2024 06:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14966

Actions (login required)

View Item View Item