Locus Of Control Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lubuk Sikaping

Monika, Mona (2023) Locus Of Control Sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Lubuk Sikaping. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
cover, Mona monika.pdf - Published Version

Download (787kB)
[img] Text (BAB 1)
Bab 1, Mona Monika.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (BAB 3)
Bab 3,Mona Monika.pdf - Published Version

Download (796kB)
[img] Text (BAB 5 DAN DAFTAR KEPUSTAKAAN)
Bab 5 dan Daftar Pustaka, Mona Monika.pdf - Published Version

Download (518kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full text, Mona Monika, Repository.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perilaku siswa sekolah yang melakukan penundaan dalam mulai mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan akademik. Hal ini terjadi karena siswa meyakini bisa mengerjakan tugas diakhir waktu dan dibantu oleh temannya. Uji locus of control sebagai prediktor belum banyak dilakukan pada siswa oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti locus of control sebagai prediktor pada prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel locus of control mampu memprediksi variabel prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri 2 Lubuk Sikaping. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear sederhana. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 200 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Alat ukur data yang digunakan merupakan skala locus of control dan skala prokrastinasi akademik. Teknik analisis data menggunakan beberapa tahap yaitu uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan bantuan IBM SPSS Statistics 25.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa locus of control mampu memprediksi prokrastinasi akademik dengan nilai p > 0,001 dan koefisien determinasi sebesar 12,9%. Artinya variabel locus of control terbukti menjadi prediktor prokrastinasi akademik. Analisis sumbangan efektif menunjukkan bahwa dimensi Powerfull other memberikan kontribusi paling besar yaitu 8,57%. Implikasi penelitian ini menyarankan agar peneliti selanjutnya lebih mengeksplor dimensi powerfull other sebagai variabel dalam menjelaskan prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Locus of Control, Prokrastinasi Akademik, Siswa
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Psikologi Islam
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 09 Oct 2023 02:49
Last Modified: 09 Oct 2023 02:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item View Item