Peran Organisasi Remaja Masjid Darussalam (REMDAS) dalam Membina Akhlak Remaja di Lingkungan Kelurahan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan

Syahrial, Ghina Saniyah (2023) Peran Organisasi Remaja Masjid Darussalam (REMDAS) dalam Membina Akhlak Remaja di Lingkungan Kelurahan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (cover, dll)
Ghina Saniyah Syahrial-SKRIPSI-COVER, DLL.pdf - Published Version

Download (764kB)
[img] Text (BAB I)
Ghina Saniyah Syahrial-SKRIPSI-BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text (BAB III)
Ghina Saniyah Syahrial-SKRIPSI-BAB III.pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB V)
Ghina Saniyah Syahrial-SKRIPSI-BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Ghina Saniyah Syahrial-SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul: “Peran Organisasi Remaja Masjid Darussalam (REMDAS) dalam Membina Akhlak Remaja di Lingkungan Kelurahan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan” disusun oleh Ghina Saniyah Syahrial, NIM 1914010065 Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Terdapat sebuah organisasi remaja masjid di Kelurahan Seberang Palinggam yang berpusat di masjid Darussalam, yang lebih di kenal dengan REMDAS ( Remaja Masjid Darussalam), REMDAS melakukan berbagai kegiatan pembinaan dengan tujuan menciptakan remaja yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah, meskipun sudah dilakukan pembinaan, namun masih saja terjadi permasalahan akhlak remaja yang meresahkan warga di lingkungan Kelurahan Seberang Palinggam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) akhlak remaja di lingkungan Kelurahan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan.(2) Peran organisasi Remaja Masjid Darussalam (REMDAS) dalam membina akhlak remaja di lingkungan Kelurahan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan, (3) Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi organisasi Remaja Masjid Darussalam dalam membina akhlak remaja di lingkungan Kelurahan Seberang Palinggam Kecamatan Padang Selatan. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung yang ditujukan kepada pengurus organisasi remaja masjid, dan beberapa remaja di lingkungan sekitar. Hasil penelitian diperoleh: Pertama penyampaian materi Akhlak dan materi lain sesuai dengan yang dibutuhkan remaja setiap pekan untuk memberikan pendidikan bimbingan dan serta arahan kepada remaja, kegiatan olahraga dan pengembangan bakat untuk menumbuhkan potensi dan bakat yang ada pada remaja, kegiatan bakti sosial untuk membuat remaja Islam masjid memilki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat sekitarnya. Kedua, faktor pendukung dan penghambat, secara internal faktor pendukung berupa kekompakan antar pengurus dalam menjalankan tugas, dan dana yang mencukupi, faktor eksternal berupa dukungan dari masyarakat sekitar baik secara verbal maupun materi. Faktor penghambat secara internal yaitu ketidak hadiran pengurus dalam beberapa kegiatan, secara eksternal yaitu berupa terjadinya kesalahpahaman antara pengurus organisasi dengan pengurus masjid, dan kekurangan dana juga menjadi penghambat terlaksananya kegiatan pembinaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran organisasi remaja masjid, pembinaan akhlak
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:33
Last Modified: 30 Jan 2024 04:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item