Implementasi Undang-Undang No 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pasaman Barat

Pambudi, Rilo (2023) Implementasi Undang-Undang No 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengatar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Rilo Pambudi 1913040053 Skripsi Fulltext)
Rilo Pambudi 1913040053 skripsi fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya program PASBAR Sejahtera di BAZNAS Kabupaten Pasaman Barat, program ini merupakan pendayagunaan dana zakat untuk usaha produktif yang disalurkan kepada para mustahik yang membutuhkan modal usaha. Masalahnya adalah penerapan Undang-undang yang belum maksimal dilaksanakan dan terdapat kendala-kendala dalam menjalankan program ini dan permasalahan ini perlu dilihat bagaimana penerapannya apakah sesuai dengan perundang-undangan. Adapun pertayaan penelitian, 1. Bagaimana Implementasi Undang-undang No 23 tahun 2011 dalam pengelolaan zakat program PASBAR Sejahtera di BAZNAS Kabupaten Pasaman Barat? 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Undang-undang No 23 tahun 2011 dalam pengelolaan zakat program PASBAR Sejahtera?. Penelitian ini adalah penelitian Kualitatif atau lapagan (field research), dan dengan metode pengumpulan data melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini mengunakan data primer dan data sekunder. Bedasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, bahwa pengelolaan zakat program PASBAR Sejahtera di BAZNAS Kabupaten Pasaman Barat sudah diterapkan sesuai Undang-Undang No 23 tahun 2011, akan tetapi belum maksimal dilakukan sebab ada perbedaan pelaksanaan untuk para mustahik dikarenakan ada dua bentuk penyaluran. Adapun faktor pendukung penerapan pengelolaan program PASBAR Sejatera di BAZNAS Kabupaten Pasaman Barat, Pembinaan dari BAZNAS Kabupaten Pasaman Barat, Kemampuan dana zakat, pengawasan, pendampingan, dan pelatihan dari BAZNAS Kabupaten Pasaman Barat, dan Evaluasi dari BAZNAS Kabupaten Pasaman Barat. Sedangkan faktor penghambatnya, Dana zakat yang terkumpul belum memadai, Lokasi para mustahik, Dana yang disalurkan belum maksimal, dan Kemampuan mustahik mengembangkan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Zakat, BAZNAS, dan Undang-Undang.
Subjects: U Umum (General) > Hukum
U Umum (General)
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:44
Last Modified: 10 Oct 2023 01:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item