Pandangan Mahasiswa FUSA UIN Imam Bonjol Padang Terhadap Mahasiswi Yang Mengikuti Olahraga Tarung Derajat Di UIN Imam Bonjol Padang

Yolanda, Rani (2023) Pandangan Mahasiswa FUSA UIN Imam Bonjol Padang Terhadap Mahasiswi Yang Mengikuti Olahraga Tarung Derajat Di UIN Imam Bonjol Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.

[img] Text (Cover, Lembar Pengesahan, Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Miles Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor yang melatarbelakangi mahasiswi ikut olahraga Tarung Derajat: Kemauan sendiri, adanya pengaruh dari orang lain, rasa ingin tahu, mencari prestasi dibidang olahraga Tarung Derajat, mengembangkan diri dan olahraga tarung derajat dianggap sebagai sebatas olahraga saja bukan untuk mencari musuh atau lawan. (2) olahraga Tarung Derajat dalam perspektif Islam: dilihat dari hukumnya olahraga Tarung Derajat bagi perempuan adalah mubah atau dibolehkan selama pelaksanaanya sesuai dengan syariat Islam. Jika dalam pelaksanaannya bertentangan dengan syariat Islam maka hukumnya bisa menjadi haram. Oleh karena itu perlu dilihat batasan-batasan bagi perempuan yang ikut olahraga Tarung Derajat. Batasan-batasan perempuan yang ikut olahraga Tarung Derajat yaitu: menutup aurat, mahasiswi yang mengikuti olahraga Tarung Derajat di UIN Imam Bonjol memakai pakaian tertutup, tidak menerawang, dan juga longgar, Kemudian latihan tidak bercampur dengan laki�laki, mahasiswi yang berlatih Tarung Derajat di UIN Imam Bonjol Padang latihannya berada dalam satu tempat namun barisannya terpisah dan untuk membenarkan gerakan adalah sesama mahasiswi juga atau sesama jenis. (3) olahraga Tarung Derajat dalam perspektif Gender: dalam perspektif gender tidak ada masalah yang ditemukan karna olahraga Tarung Derajat tidak hanya untuk laki�laki saja, perempuan juga boleh dan mampu ikut olahraga Tarung Derajat. Begitupun di UKM Tarung Derajat UIN Imam Bonjol Padang tidak ada batasan bagi mahasiswi untuk ikut olahraga Tarung Derajat tersebut walaupun Tarung Derajat merupakan olahraga yang keras atau full body contact.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tarung Drajat, Pandangan, Olahraga
Subjects: U Umum (General) > Seni dan Olahraga
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Studi Agama-Agama
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:18
Last Modified: 09 Oct 2023 04:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14923

Actions (login required)

View Item View Item