TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENDISTRIBUSIAN DANA BANTUAN LANGSUNG TUNAI BAHAN BAKAR MINYAK TAHUN 2022 (Studi Kasus Desa Siabu Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara)

Hrp Yunita, Elmi (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENDISTRIBUSIAN DANA BANTUAN LANGSUNG TUNAI BAHAN BAKAR MINYAK TAHUN 2022 (Studi Kasus Desa Siabu Kabupaten Padang Lawas Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover, Abstrak, dan Pengesahan)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (730kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf

Download (616kB)
[img] Text (BAB V- Daftar Pustaka)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (694kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pendistribusian Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) Tahun 2022 (Studi Kasus Desa Siabu Kecamatan Hutaraja Tinggi Provinsi Sumatera Utara)”, ditulis oleh: Elmi Yunita HRP, NIM 1913040015, Fakultas Syariah, Prodi Hukum Ekonomi Syariah UIN Iman Bonjol Padang. Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya unsur ketidakadilan dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM), dalam hal pemberian BLT ke masyarakat kurang mampu ini tentunya memiliki banyak kendala terlebih lagi tentang sistem pembagiannya yang masih belum merata atau tidak tepat sasaran, bahkan beberapa masyarakat yang dapat dikatakan mampu secara finansial tetap mendapatkan bantuan. Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi pertanyaan penelitian dalam hal ini ada 2, yakni: (1) Bagaimana sistem dan mekenisme pendistribusian dana BLT BBM tahun 2022 di Desa Siabu Kecamatan Hutaraja Tinggi? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pendistribusian dana BLT BBM tahun 2022 di Desa Siabu Kecamatan Hutaraja Tinggi ? Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa (1) Sistem dan mekenisme pendistribusian dana BLT BBM tahun 2022 di Desa Siabu Kecamatan Hutaraja Tinggi dilakukan dalam 2 tahap, pada tahap yang pertama penerima diberikan sebesar Rp.600.000 Pada bulan September, yang menerima BLT BBM yaitu semua anggota Program Keluarga Harapan (PKH) karena sudah terdaftar langsung di pusat dan pengambilan bantuan tersebut diambil langsung dikantor pos, sedangkan pada tahap kedua di berikan dengan jumlah yang berbeda-beda karena bantuan tersebut digabung dengan gaji anggota PKH dan bantuan tersebut pada tahap kedua di kirim ke rekening masing-masing penerima. (2) Tinjauan hukum Islam terhadap pendistribusian BLT BBM tahun 2022 di Desa Siabu Kecamatan Hutaraja Tinggi, dalam pendistribusiannya ada beberapa prinsip yang tidak tercapai secara utuh sehingga menimbulkan kesenjangan ekonomi pada masyarakat yang tidak mampu karena tidak memenuhi konsep keadilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan Hukum Islam, Pendistribusian, BLT BBM
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:18
Last Modified: 04 Oct 2023 04:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14920

Actions (login required)

View Item View Item