MERINDU CAHAYA DE AMSTEL : PETUALANGAN KHADIJAH MEMPEROLEH HIDAYAH DAN OPTIMISME ( Studi Analisis Semiotika Roland Barthes )

Henriwan, Fadhilaturrahmah (2023) MERINDU CAHAYA DE AMSTEL : PETUALANGAN KHADIJAH MEMPEROLEH HIDAYAH DAN OPTIMISME ( Studi Analisis Semiotika Roland Barthes ). Skripsi thesis, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text (Cover, pengesahan, abstrak)
cover, pengesahan, abstrak.pdf - Published Version

Download (664kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (350kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (245kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Merindu Cahaya De Amstel: Petualang Khadijah Memperoleh Hidayah dan Optimisme (Study Analisis Semiotika Roland Barthes)” disusun oleh Fadhilaturrahmah Henriwan NIM 1912010020 jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakuktas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya tayangan film yang kurang mendidik dan merusak moral masyarakat terlebih lagi kalangan remaja dan anak-anak. Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan film Merindu Cahaya De Amstel. Untuk menggali pesan dakwah tentang hidayah dalam film Merindu Cahaya De Amstel menurut teori analisis semiotika Roland Barthes. Untuk menjelaskan pesan dakwah tentang optimisme dalam film Merindu Cahaya De Amstel menurut teori analisis semiotika Roland Barthes. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Kualitatif jenis penelitian pustaka (library research). Sebagai penelitian kualitatif, penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran dan penjelasan yang secara sistematik, rinci dan akurat dari fakta dan karakteristik yang terkait dengan rumusan masalah. Teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan secara keseluruhan film Merindu Cahaya De Amstel. Strategi analisis struktural analisis isi semiotika Roland Barthes untuk menganalisa dan memberikan makna-makna terhadap suatu teks, lambang, simbol yang terdapat dalam film Merindu Cahaya De Amstel. Berdasarkan hasil data yang penulis peroleh Pertama berkaitan dengan hidayah ialah “memintaklah pertolongan kepada Allah” ketika kita dalam kesusahan, dan Allah adalah sebaik-baiknya pemberi pertonolongan hidayah yang diberikan Allah tidak melulu lewat jalur yang mudah banyak juga hidayah yang allah datangkan melalui musibah besar, permasalahan hidup yang teramat kejam, ataupun melalui teguran-teguran Allah lainnya yang dalam konteks ini seperti di alami Khadijah. Kedua berkaitan dengan optimisme ialah sikap optimisme membantu kita melihat kebahagiaan di tengah kesulitan dan membuat kita lebih kuat dan tahan banting. Dengan sikap optimis, kita mampu memandang masa depan dengan penuh harapan dan keyakinan, mengatasi rasa takut atau cemas, serta mengambil tindakan yang tegas dan positif untuk menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Merindu Cahaya De Amstel; hidayah: optimisme
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 03 Oct 2023 07:48
Last Modified: 03 Oct 2023 07:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14849

Actions (login required)

View Item View Item