PELAKSANAAN KURIKULUM PONDOK DAN KURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH (MTI) BAYUR

DERI, RAHMAD (2018) PELAKSANAAN KURIKULUM PONDOK DAN KURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN MADRASAH TARBIYAH ISLAMIYAH (MTI) BAYUR. Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PDF.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III PDF.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PDF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V PDF.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK DERI RAHMAD : Pelaksanaan Kurikulum Pondok dan 1314010558 Kurikulum Kementerian Agama Pada Mata Pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Bayur Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan di pondok pesantren MTI Bayur yang melaksanakan dua kurikulum dalam pembelajaran, terkhusus dalam mata pelajaran fikih. Dengan guru yang berbeda, pembelajaran fikih pondok atau yang lebih dikenal dengan fikih kitab klasik yang tidak memiliki perencanaan pembelajaran dengan bentuk tertulis yang biasa disebut dengan RPP. Namun berbeda dengan pembelajaran fikih Madrasah Aliyah (MA), yang memiliki Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah ditentukan dari Kementerian Agama. Pertanyaannya, apakah tidak akan terjadi ketidakseimbangan hasil pembelajaran antara pembelajaran fikih pondok dengan hasil pembelajaran fikih Madrasah Aliyah (MA). Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui, bagaimana perencanaan pembelajaran fikih pondok dan fikih Madrasah Aliyah (MA)., bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih pondok dan fikih Madrasah Aliyah (MA)., serta bagaimana bentuk evaluasi dan kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran fikih pondok dan fikih Madrasah Aliyah (MA). di MTI Bayur. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran secara realitas yang berkenaan dengan gejala-gejala yang ditemukan di lapangan. Untuk memperoleh data dalam penelitian, teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah observasi pelaksanaan pembelajaran fikih. Kemudian melakukan wawancara, serta dokumentasi sebagai bukti-bukti tertulis. Data yang diperoleh dianalisi berdasarkan kriteria, dengan teknik yang digunakan adalah triangulasi. Berdasarkan penelitan yang penulis lakukan, dapat disimpulkan bahwa proses perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran fikih pondok atau fikih kitab klasik berjalan dengan baik, santri begitu antusias mengikuti penjalasan dari guru yang bersangkutan. Hal itu dibuktikan dengan guru yang bersangkutan tidak kaku menghadapi santri di dalam kelas. Walaupun guru yang bersangkutan tidak menerapkan RPP, akan tetapi konsep dari RPP itu sudah diterapkan. Seperti halnya, menjalankan kegiatan awal yang terdiri dari membuka pembelajaran dengan doa, pengambilan absensi, melakukan apersepsi, kemudian kegiatan inti dan kegiatan penutup, layaknya yang tertulis dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tidak jauh berbeda dengan perencanaan dan pelaksanaan fikih MA yang ditetapkan oleh Kementerian Agama. Guru memulai perencanaan dengan membuat RPP dan melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan yang ada dalam RPP yang telah disusun. Ditijau dari hasil pembelajaran, nilai santri sama sekali tidak jauh berbeda antara fikih pondok dengan fikih MA. Hal ini terlihat dari hasil ulangan dan ujian santri, yang memiliki nilai di atas rata-rata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguran > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 25 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2018 06:00
Last Modified: 18 Jul 2018 06:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item