Strategi Pembelajaran Partisipatif dalam Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Menjahit pada Balai Latihan Kerja (BLK) Padang

Dela, Arini Armaiza (2023) Strategi Pembelajaran Partisipatif dalam Pemberdayaan Perempuan melalui Pelatihan Menjahit pada Balai Latihan Kerja (BLK) Padang. Skripsi thesis, DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER)
Cover.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (471kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III arini-1.pdf - Published Version

Download (340kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V arini - daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (FULL TEXT)
skripsi full Arini Armaiza Dela.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi Pembelajaran Partisipatif dalam Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Menjahit Pada Balai Latihan Kerja (BLK) Padang” disusun oleh Arini Armaiza Dela, NIM 1912040040 mahasiswa Program Strata Satu (S1) Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Skripsi ini beranjak dari permasalahan perempuan yang tidak bekerja karena tidak memiliki keterampilan sehingga sulit untuk mengembangkan diri dalam dunia pekerjaan dan juga tidak memiliki modal untuk membuka usaha dirumah. Untuk itu Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai lembaga yang memberikan pelatihan kepada masyarakat termasuk juga kepada perempuan melakukan pendampingan terhadap perempuan-perempuan yang tidak bekerja dengan membuat pelatihan menjahit. Penelitian ini di dasari oleh permasalahan tersebut dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan oleh BLK dalam pemberdayaan perempuan melalui pelatihan menjahit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah peserta pelatihan menjahit, instruktur pelatihan menjahit, dan ketua penyelenggara BLK. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Pertama, strategi BLK dalam perencanaan pembelajaran partisipatif melalui pelatihan menjahit yaitu melakukan identifikasi kebutuhan pelatihan, dalam hal ini penyelenggara BLK mensosialisasikan pelatihan ini kepada masyarakat dan melihat kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat, salah satu nya yaitu pelatihan menjahit ini, kemudian menetapkan tenaga pelatih sesuai dengan bidang yang diajarkan, serta melakukan pendaftaran dan seleksi terhadap peserta pelatihan. Kedua, strategi BLK dalam pelaksanaan pembelajaran menyediakan waktu pelaksanaan selama kurang lebih 220 jam pelajaran dan ruangan yang difasilitasi lengkap dengan alat jahit yang berteknologi canggih, serta program yang sedang berjalan adalah menjahit kebaya. Ketiga, strategi BLK dalam evaluasi pembelajaran yaitu mengadakan Ujian Kompetensi (UJK) setelah pelatihan tersebut selesai, tujuan dari UJK ini supaya masyarakat lebih terampil dalam menjahit dan jika masyarakat mampu untuk mengikuti ujian kompetensi ini, pihak BLK memberikan sertifikat LSP (lembaga sertifikasi profesi) yang nantinya bisa dipergunakan untuk melamar pekerjaan pada bidang ini atau membuka usaha sendiri dirumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemberdayaan, BLK
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 03 Oct 2023 02:23
Last Modified: 03 Oct 2023 02:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14771

Actions (login required)

View Item View Item