Pelaksanaan Supervisi Akademik Bidang Kompetensi Pedagogik Guru di SDN 18 Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung

Gusniati, Gusniati (2023) Pelaksanaan Supervisi Akademik Bidang Kompetensi Pedagogik Guru di SDN 18 Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover, Abstrak dan Pengesahan)
Cover, Abstrak dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (639kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I GUSNIATI.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III GUSNIATI.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
BAB V - Daftar Pustaka GUSNIATI.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (FILE FULL TEXT)
FILE FULLTEXT GUSNIATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu, data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/ verification (penarikan kesimpulan). Hasil Penelitian: (1) Program dalam pelaksanaan supervisi akademik bidang kompetensi pedagogik guru di SDN 18 Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung dengan proses supervisi yaitu, perencanaan program supervisi akademik yang dirancang setiap awal semester, pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan secara berkesinambungan dan memprioritaskan guru yang bermasalah atau kurang dalam pelaksanaan pembelajaran, tindak lanjut dari hasil supervisi akademik diberikan pelatihan, workshop, KKG, dan akun belajar ID PMM (Platform Merdeka Mengajar). (2) Pendekatan dalam pelaksanaan supervisi akademik bidang kompetensi pedagogik guru menggunakan pendekatan langsung (direktif) dengan mendekati guru dan tidak menyalahkan guru tetatpi ditanya permasalahan apa yang dialami guru, pendekatan tidak langsung (non-direktif) dengan menggunakan laporan PK (Penilaian Kinerja) dan juga melalui rapat majelis guru dengan kepala sekolah, pendekatan kolaboratif dengan melakukan diskusi dan adanya refleksi diri, semua pendekatan tersebut digunakan oleh kepala sekolah dalam supervisi akademik. (3) Teknik dalam pelaksanaan supervisi akademik bidang kompetensi pedagogik guru menggunakan 2 teknik yaitu teknik perseorangan dan teknik kelompok. Teknik perseorangan dengan adanya kunjungan kelas, kunjungan observasi, pelaksanaan kurikulum, dan teknik kelompok dengan mengadakan rapat atau pertemuan antar kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan dan melakukan diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kompetensi Pedagogik Guru
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Manajemen
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:06
Last Modified: 09 Oct 2023 03:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14762

Actions (login required)

View Item View Item